Sukseskan KB dengan Gerebek Pasar

Sukseskan KB dengan Gerebek Pasar

PASAR MANNA, Bengkulu Ekspress – Berbagai upaya yang dilakukan  Dinas Perberdayaan Perempuan Keluarga Berencana Program Perlindungan, Perempuan dan Anak (PPKBPP3A) untuk mensukseskan program dua anak cukup. Selain datang ke kecamatan-kecamatan dan ke desa-desa. Kali ini mereka mendatangi Pasar Ampera. Sehingga ibu-ibu yang berdagang dan berbelanja di pasar tersebut bisa ikut KB secara gratis.

“Untuk mensukseskan KB, kali ini kami datang ke Pasar Ampera, sehingga ibu-ibu bisa berbelanja  dan berdagang juga bisa ikut KB,” kata Kepala Dinas PPKBPP3A, NopianAndusti SE MT, Senin (20/2).

Menurut Novianto,  gerakan pemberdayaan keluarga di Pasar  Ampera ini merupakan kegiatan perdana Gerebek Pasar tahun 2017. Jika kemarin bekerja sama dengan Puskesmas Pasar Manna menggelar pelayanan KB di Pasar Ampera, ke depan pihaknya juga akan menggelar pelayanan KB ke pasar-pasar tradisional lainnya dalam wilayah BS.

“Jika hari ini (kemarin red) kami fokuskan di Pasar Ampera, ke depan semua pasar trandisional di BS juga akan kami kunjungi,” ujarnya.

Dijelaskan Novianto,  kegiatan Gerebek KB pasar yang digelar tersebut, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) BS tahun 2017 ini. Dirinya berharap, melalui  gerebek Pasar melalui pelayanan KB, targetnya, untuk memudahkan akses pelayanan KB bagi keluarga yang sehari-harinya disibukkan dengan kegiatan berjualan.  Sehingga selain memberikan KB, pihaknya juga bersosialisasi kepada komunitas pasar akan pentingnya mengikuti program KB,  agar masyarakat awam juga mengetahui bahwa program KB tidak semata-mata mencari akseptor KB melainkan juga membina dan menjaga kelestarian ber-KB melalui institusi atau kelompok kegiatanseperti BKB, BKR, BKL, UPPKS dan lain sebagainya.

“Mudah-mudahan dengan adanya Gerebek Pasar untuk Ber KB ini, ke depan program KB dua anak cukup sukses di BS,” ujarnya.

Ditambahkan Nopian Andusti,  pada kegiatan gerebek Pasar kemarin, animo masyarakat untuk ber KB sangat tinggi, hal itu terlihat dari jumlah warga yang ikut KB. Seperti KB dengan IUD ada 2 orang, dengan suntik ada 40 orang, dengan Pil ada 100 strip, kondom 12 lusin, MOW  ada 4 orang, Implant ada 35 orang, dan bongkar pasang implant ada 10 orang serta bongkar implant ada 2 orang.

“Peserta KB kami hari ini (kemarin red) sebanyak  165 ibu,” tutup Nopian Andusti. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: