Dewi Coryati Sosialisasi Pancasila dan UUD 1945 kepada Pelajar

Dewi Coryati Sosialisasi Pancasila dan UUD 1945 kepada Pelajar

BENGKULU, Anggota Komisi X DPR RI Hj Dewi Coryati mengunjungi SMA Negeri 2 Rejang Lebong, Rabu (15/02/2017). Kunjungan Anggota DPR RI Dapil Provinsi Bengkulu ini dalam rangka mensosialisasikan Pancasila, UUD 1945 dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dewi mengatakan, sosialisasi Pancasila dan UUD 1945 sangatlah penting diberikan kepada para pelajar di sekolah. Mengingat kondisi negara saat ini yang lebih mengedepankan kelompok - kelompok sehingga menimbulkan konflik.

\"Dengan pemahaman Pancasila dan UUD 1945 dapat menjaga Kesatuan Negara Republik Indonesia,\" ujar Dewi.

Selain itu, Dewi juga menjelaskan tentang tanggung jawab para anggota DPR dalam memperjuangan aspirasi konsituennya dalam sidang-sidang DPR.

Dewi  juga memaparkan sejarah perjalanan demokrasi di Indonesia, dan  mekanisme pembuatan Undang-Undang (UU) sebagai pelaksanaan fungsi legislasi, fungsi pengawasan dan fungsi anggaran.

 “Kita sampaikan bagaimana DPR berjuang untuk rakyat terkait dengan kontrol terhadap pemerintah, pembuatan Undang-undang dan penetapan anggaran,”ujarnya.

Sosialisasi seperti ini bukan pertama kali diberikan kepasa para generasi penerus. Namun sudah rutin dilaksankan di sekolah - sekolah di kabupaten dan Kota se- Provinsi Bengkulu.

\"Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang harus saya lakukan sehingga para pelajar memang betul - betul paham dan mengaplikasikan Pancasila dan amanat UUD 1945 kehidupan bernegara,\" katanya.

Selain sosialisasi, kedatangan Dewi Corayati ke sekolah - sekolah guna mengawasi Penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP) kepada pelajar sekaligus memberikan pengarahan terkait penggunan dana PIP.

\"Dengan melakukan pengawasan, PIP yang kita perjuangkan dapat tersalur dengan baik kepada Siswa di Kabupaten dan kota se- Provinsi Bengkulu. Kita juga berharap PIP benar - benar digunakan untuk menunjang kegiatan belajar,\" pungkasnya. (Dil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: