UNIB Peringkat 55 se-Indonesia

UNIB Peringkat 55 se-Indonesia

 BENGKULU, BE - Universitas Bengkulu (UNIB) pada 2017 ini menduduki peringkat 55 dari universitas se-Indonesia. Prestasi ini merosot, dari peringkat 45 pada 2016 turun ke peringkat 55 pada 2017.

Peringkat tingkat se-Sumatera pun juga turun. Sekarang UNIB berada diurutan ke-8 se-Sumatera, turun satu peringkat dari tahun 2016 diposisi 7. Pemeringkatan perguruan tinggi ini dirilis melalui situs webometrics pada akhir Januari 2017.

Rektor UNIB Dr Ridwan Nurazi MSc saat dikonfirmasi BE membenarkan, hasil pemeringkatan UNIB tahun ini menurun. Ia menduga penurunan itu disebabkan jumlah kunjungan pada laman unib.ac.id yang menurun. Kemungkinan lain perangkat yang ada di web UNIB sudah tua, dan sudah harus diupgrade. Sementara pemerintah tidak mengalokasikan anggaran untuk perbaikan itu.

\"Sementara ini dana dari pemerintah untuk pengembangan sarpras nol. Jika pemerintah kesulitan membiayai itu, maka kita mencoba menggunakan anggaran UNIB yang masih ada,\" tuturnya.

Masih dikatakan Ridwan, meski peringkat UNIB versi webometrick turun, sejumlah peringkat UNIB ada yang naik misalnya, peringkat 5 dari peringkat 9 keterbukaan informasi, dan 30 besar untuk peringkat penelitian.

Ridwan Nurazi pun merasa kecewa dengan penurunan peringkat tersebut, namun ia optimis kedepan UNIB akan lebih baik, UNIB akan mencari alternatik lain untuk perbaikan sarpras sekaligus sumber daya yang ada.

\"Peringkat kita ada yang naik ada juga yang turun, peringkat yang turun kita akan upayakan naik lagi, \" ungkapnya optimis.

Sementara Wakil PPID Alimansyah diamini Kasubag Humas Herlina Utami SE menuturkan, webomatrick telah merilis daftar peringkat universitas terbaik dunia termasuk di Indonesia. Ada lebih dari 20 ribu perguruan tinggi di dunia dari 200 negara yang dinilai Webometrics.

Diketahui Webometrisc sebuah sistem yang memberikan penilaian terhadap kemajuan universitas sedunia melalui website resminya. Webometrics menilai universitas menggunakan presence (20%), impact (50%), openness (15%), dan excellence (15%). Presence jumlah halaman web host pada webdomain utama (termasuk subdomain dan direktori) dari universitas yang diindeks oleh mesin pencari Google.

Impact merupakan kualitas konten dengan menghitung semua external inlinks yang diterima oleh webdomain universitas dari pihak ketiga. Openness jumlah file dokumen seperti Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang terindeks mesin pencari (Google Scholar). Excellence jumlah publikasi artikel ilmiah perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Google Scholar atau mesin pencari yang menjadi indikator penilaian webometrics. Setiap tahun, Webometrics selalu merilis peringkat perguruan tinggi. (247)

Daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada 2. Universitas Indonesia 3. Institute of Technology Bandung 4. Bogor Agricultural University 5. Brawijaya University 6. Universitas Padjadjaran 7. Universitas Diponegoro 8. Universitas Riau 9. Universitas Udayana 10. Universitas Airlangga 55. Universitas Bengkulu

Daftar Peringkat Universitas se-Sumatera

1. Universitas Riau (8) 2. Universitas Syiah Kuala (12) 3. Universitas Lampung (14) 4. Universitas Andalas (36) 5. Universitas Sriwijaya (37) 6. Universitas Jambi (50) 7. Universitas Sumatra Utara (52) 8. Universitas Bengkulu (55) 9. Universitas Medan Area (77) 10. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (78)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: