Cendana Fair XV Level Nasional

Cendana Fair XV Level Nasional

BENGKULU, BE- Pembukaan event Cendana Fair ke XV yang dihelat Sekolah Menengah Negeri (SMAN) 5 Kota Bengkulu berlangsung seru dan meriah. Feel The Magic up close Cendana Fair ke XV \" Kemenangan adalah sebuah pilihan, kebahagiaan adalah kemutlakan\" menjadi tema yang diusung dalam HUT cendana fair ke XV sekaligus Hari Ulang tahun ke-41 SMAN 5 kali ini.

Pembukaan acara Cendana Faior itu dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Rohidin Mersyah didampingi Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Suharto, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudyaan (Dispendikbud) Drs Ade Erlangga MMSi, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu Merisasdi, Staf Ahli Walikota Ir Matriyani Amran MPd, komite dan tamu undangan lainnya.

Wagub Rohidin Mersyah dalam sambutannya, sangat mengapresiasi ide dan kreatifitas para pelajar SMAN 5 atas penyelenggaraan Cendana Fair yang menakjubkan.

\"Ide dan kreatifitas itu mahal. Butuh energi untuk mewujudkan dan perlu rendah hati untuk merealisasikan. Saya menyaksikan banyak atraksi dari pelajar. Ini membutikan kalau siswa/siswi di SMANLI sehat, cerdas, ceria dan bahagia \" ujar wagub. Sekolah, kata wagub, harus mampu menghadirkan cerdas sosial, spiritual, dalam satu paket dan kreatifitas yang dilakukan pelajar SMANLI harus dihargai ini sangat mengasah kecerdasan mereka (pelajar-red), tanpa mengabaikan kegiatan agama dalam rangka pembinaan karakter.

Masih menurut wagub, SMANLI patut menjadi model bagi sekolah lain, sehingga kedepan Bengkulu dapat berkembang dengan bagus. Ada dua hal yang akan menaikkan reputasi sekolah. Pertama prestasi siswanya bagus. Reputasi sekolah diperhatikan juga dilihat peran asumsinya, jika keduanya bertemu itulah menjadi sekolah hebat dan SMANLI telah menyandang sekolah prestasi hebat.

Wagub pun menjanjikan bonus berupa tabungan bagi para pemenang senilai Rp 1 juta. Selain itu, siswa bintang kelas juga diberikan tabungan Rp 1 juta.

Wagub pun memuji kepanitian Cendana Fair yang kreatif dan sukses dalam penyelenggaraanya. Ia meminta event seperti ini harus dikembangkan dan kegiatan ini peranya didominasi pelajar sebagai panitia penyelenggara.

Kepala SMAN 5 Kota Bengkulu Dra Darmawati MPd menuturkan, dirinya sangat bersyukur masih bisa melaksanakan dan menyaksikan kegiatan HUT SMANLI ke-41 tahun. Kegiatan ini bukan level Bengkulu semata, melainkan sudah masuk dalam level nasional. Pelaksanaan lomba LKTI yang sudah tahun ke lima berturut-turut digelar dilevel nasional itu selalu diminati provinsi lain. Mereka ini bisa ikut berkompetisi dengan cara mendaftar via online. Hasil karya LKTI itu diseleksi dengan bekerja sama dosen Universitas Bengkulu (UNIB). Para pemenang LKTI ini akan diundang dan hadir dalam penutupan Cendana Fair mendatang. Sementara lomba drumband regional Sumatera diikuti dari Lampung, Sumatera Selatan, serta lomba karate dibuka mulai jenjang SD hingga SMA sederajat.

Dijelaskan perempuan yang akrab disapa Ida ini, Cendana Fair selain menjalin tali silahturahmi, juga menjadi wadah pengembangan bakat para peserta didik. Meski kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu pelajaran, tapi diyakini tidak menganggu kegiatan belajar mengajar.

\"Siswa yang cerdas tentu pintar membagi waktu,\" tegasnya. Ia juga mengingatkan, para peserta agar memenuhi tata tertib yang telah ditentukan panitia dan juri, menghindari terjadinya tawuran antar pelajar dan masing-masing sekolah yang mengirimkan tim harus didampingi guru pembinanya.

Masih dikatakan Ida, kegiatan ini murni dilakukan siswa. Dewan guru hanya memberikan suport dan arahan. Terselenggaranya kegiatan inipun tak lepas dari dukungan donatur, dan sponsor, komite serta alumni SMANLI. Terlebih pada kesempatan ini Alumni yang diwakili Suimi Fales SH menyerahkan beasiswa kepada 12 siswa/siswi adik-adiknya.

\"Kami bangga dengan para alumni yang memiliki kepedulian tinggi terhadap adik tingkatnya, \".

Ketua Panitia Pelaksana Cendana Fair A Aditya menuturkan, \'\'Cendana Fair bukan ajang hura-hura, melainkan membuka jalan dan wadah bagi pelajar se-Provinsi Bengkulu bahkan tingkat nasional untuk berkompetisi. Dalam berbagai lomba yang akan digelar selama kurang lebih satu bulan kedepan.\'\' Beberapa mata lomba yang dibuka seperti, lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional, karate tingkat provinsi, Drumband se-regional sumatera, lomba bidang keagamaan, bidang seni dan manfaat teknologi.

\"Saya harap semua yang hadir bisa berpartisipasi dalam Cendana Fair ini,\" pintanya.

Pembukaan acara Cendana Fair kemarin (25/1), diawali dengan longmarc pawai delman. Diikuti parade drumband mengambil star di depan Hotel Santika. Pawai ini sekaligus menjemput Wakil Gubernur Bengkulu H Rohidin Mersyah dan rombongan menuju SMAN 5 Kota Bengkulu.

Setiba di SMAN 5 acara Cendana Fair ke XV dan HUT SMANLI ke-41 tahun pun dibuka. Acara pembukaan itu ditandai dengan pemukulan dol oleh Wakil Gubernur Rohidin Mersyah, didampingi unsur FKPD. Pada kesempatan itu Wagub dan para tamu undangan disuguhi atraksi apik para pelajar seperti dol, dancer dan lainya. Penampilan pelajar itu memukau para penoton yang hadir, tepuk riuh pun dihadiahkan sebagai apresiasi atas penampilan siswa SMAN 5 yang menakjubkan tersebut. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: