PPK/PPS di Benteng Kurang Diminati

PPK/PPS di Benteng Kurang Diminati

BENTENG, BE - Apa kurang sosialisasi atau memang animo masyarakat di Kabupaten Benteng ini rendah untuk menjadi panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemungutan kecamatan (PPK). Soalnya, hingga hari pendaftaran terkahir, kemarin, tercatat oleh panitia di KPU Benteng, hanya 390 orang yang memasukan berkas pendaftaran. Terdiri 260 orang PPS dan 130 orang untuk PPK. Padahal jumlah yang dibutuhkan untuk petugas pemilihan legistatif (pileg) dan presiden di Kabupaten Benteng ini, totalnya 850 orang. Sehingga, masih ada kekurangan 460 orang PPK/PPS.

\"Hingga hari terakhir pendaftaran, yang memasukan berkas hanya sebanyak 390 orang untuk PPK/PPS. Sementara jumlah yang kita butuhkan sebanyak 850 orang. Sehingga memang masih sangat banyak kekurangan,\" ujar anggota KPU Benteng Bidang Divisi Logistik dan Anggaran, Dodi Herwansyah SPd.

Guna mencarikan solusi  kekurangan jumlah anggota PPK/PPS itu, KPU Benteng dalam waktu dekat akan menyurati pihak kades dan kecamatan agar dapat memberitahukan kepada warganya yang berminat untuk menjadi PPK/PPS agar memasukan pendaftaran. Hanya saja, pembukaan pendaftaran kembali itu baru akan dilakukan setelah pihak KPU melakukan rapat internal dan berkoordinasi dengan KPU Provinsi Bengkulu dan Pusat.  Karena jalan keluarnya untuk memenuhi kuota PPK/PPS yang dibutuhkan itu harus dengan jalan perekrutan kembali dan membuka pendaftaran kembali.

\"Kita akan rapat dan berkoordinasi dengan pihak KPU Provinsi dan Pusat. Namun, kemungkinan besar kita akan membuka kembali pendaftaran PPK/PPS yang masih belum memenuhi kuota  ini,\" terangnya. Lebih lanjut, dikatakan Dodi,  untuk pendaftar PPK/PPS sebanyak 390 orang yang sudah memasuki berkas itu, mulai hari ini Senin (21/1)

pihak panitia akan mulau melakukan seleksi yang terdiri dari seleksi admintrasi, tes wawancara dan lainnya. Setelah memasuki tahap penyeleksian ini maka panitia segera akan mengumumkan PPK/PPS yang terpilih.

Untuk jumlah PPK setiap kecamatan yang akan diambil adalah sebanyak 10 orang terdiri dari, 5 orang untuk PPK dan 5 orang untuk cadangan. Begitu pula dengan PPS, sebanyak 6 orang, 3 untuk cadangan dan 3 orang untuk PPS-nya. \"Hari ini, kita sudah mulai menyeleksi pendaftar. Jika sudah selesai maka akan kita umumkan,\" ujar lelaki yang pernah menjadi guru di SMAN Pino, Bengkulu Selatan ini.(111)    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: