Lintas: Gelombang Laut Mengganas

Lintas: Gelombang Laut Mengganas

\"RIO-NELAYANGELOMBANG laut di perairan Kabupaten Mukomuko semakin mengganas. Sebelumnya, tinggi gelombang mencapai berkisar 1,5 hingga 2,5 meter. Namun sejak hari ini hingga dua hari kedepan ketinggian lebih 3 meter. Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Saudagar Chaniago melalui Kabid Perikanan Tangkap, Rahmad Hidayat dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (13/12).

Pihaknya telah mengingatkan agar nelayan mewaspadai ganasnya gelombang laut tersebut. Pun dengan kecepatan angin yang berhembus selama dua hari berkisar 5 hingga 20 knot. Prakiraan cuaca itu diperoleh dari dari BMKG Stasiun Maritim Teluk Bayur, Padang. Selanjutnya diteruskan ke ketua nelayan dan kepala desa di wilayah pesisir pantai di daerah ini. Pihaknya hanya sebatas menyampaikan imbauan dan peringatan. Keputusan selanjutnya diserahkan sepenuhnya kepada nelayan yang bersangkutan.

“Imbaun kita jika cuaca seperti saat ini tidak bersahabat, nelayan disarankan istirahat dulu. Karena sangat berbahaya jika tetap memaksakan diri untuk melaut,” imbaunya.

Ia menambahkan, tinggi gelombang di Samudera Hindia di barat Bengkulu berkisar hingga tiga meter. Begitu juga di Samudera Hindia di barat Kepulauan Mentawai. Kedua data prakiraan tersebut yang paling masuk di wilayah perairan laut Mukomuko. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: