Pemprov Bengkulu Raih Penghargaan Pelayanan Publik

Pemprov Bengkulu Raih Penghargaan Pelayanan Publik

BENGKULU, Bengkulu Ekspress -  Selama ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu selalu mendapat rapor merah dalam hal pelayanan publik. Tahun 2015 lalu misalnya, Bengkulu berada diurutan ke 27 sebagai provinsi yang patuh terhadap Standar Pelayanan Publik oleh Lembaga Ombudsman RI.

Namun, pada tahun ini pemprov mampu mencapai rapor hijau. Dimana era pemerintahan Gubernur Dr H Ridwan Mukti MH, Pemprov Bengkulu mampu meraih urutan 10 besar dari 34 provinsi di Indonesia dalam kategori tingkat kepatuhan tinggi.

Penghargaan itu pun langsung diberikan oleh Ketua Ombudsman RI,  Prof Amzulian Rifai SH LLM PhD di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (8/12).

\"Tentunya ini adalah komitmen tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional. Ini kelanjutan Pakta Intergitas yang diteken oleh Gubernur dan seluruh jajaran birokrasi,\" terang Ridwan Mukti.

Dalam penghargaan ini Provinsi Bengkulu berada di 10 besar bersama dengan Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kepulauan, Lampung, Riau, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Barat untuk kategori tingkat kepatuhan tinggi.

Dengan adanya penghargaan ini, Ridwan Mukti berharap menjadi memicu penyelenggaran negara untuk tetap mengedepankan pelayan publik. :Ini akan jadi sebuah pemicu, memotivasi kita untuk berusaha lebih baik untuk melayani rakyat Bengkulu,” tambahnya.

Tak hanya itu, Ridawan Mukti berharap pelayanan publik yang mulai diakui ini, nantinya juga menjadi menjadi modal utama dalam mengangkat Bengkulu dari julukan provinisi tertinggal.

“Pemberantasan pungli dan korypsi akan terus kita lakukan supaya mampu membuat Bengkulu terangkat dari ketertinggalan,” tambahnya

Dengan birokrasi dan pelayanan publik yang baik, tentu akan berimbas pada sektor swasta yang makin tumbuh dan baik. Salah satunya perlu standar perizinan yang membuat investor bahagia dan nyaman berinvestasi di Bengkulu.

“Standar pelayanan yang baik, tidak bertele-tele membangun investasi yang sehat dan berkembang. Melalui prestasi hari ini, kita semakin yakin investor mau menanamkan modalnya di Bengkulu,” pungkas Ridawan Mukti.(151/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: