Granat Nanas Aktif Bikin Geger

Granat Nanas Aktif Bikin Geger

Ditemukan Pekerja Galian Drainase

CURUP, BE- Warga Kota Curup khususnya di kawasan Jalan Baru Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup Tengah, kemarin (26/10) sore mendadak geger. Pasalnya salah seorang pekerja galian drainase di kawasan tersebut menemukan benda mirip granat jenis nanas.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Bengkulu Ekspress penemuan benda yang diduga granat masih aktif tersebut dilakukan oleh Syahyanto (30) warga Desa Pal Batu Kecamatan Selupu Rejang. Dimana saat itu Syahyanto tengah membersihkan aliran drainase di kawasan Jalan Baru. Saat tengah mengangkat pasir dari dalam aliran drainase, kemudian ia melihat benda yang mencurigakan yang diduga adalah granat.

Penemuan benda yang diduga granat tersebut tepat di depan dengan milik Ati (50). Kemudian pasca menemukan benda yang diduga granat tersebut langsung dilaporkan kepada Bripka Ali Imron anggota Detasmen A Pelopor Brimob Polda Bengkulu yang rumahnya tidak jauh dari lokasi penemuan.

Kemudian oleh Bripka Ali, benda yang diduga granat dan masih aktif tersebut langsung diambil tindakan dengan langsung dimasukkan ke dalam kardus yang berisi pasir dan kapas, hal tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak hanya itu, kemudian kardus yang berisi benda yang diduga granat aktif tersebut dipindahkan sekitar 100 meter dari lokasi penemuan ke salah satu rumah warga yang memiliki halaman yang cukup luas. Sontak saja penemuan benda yang diduga hasil peninggalan perang tersebut, langsung menjadi tontonan warga baik warga sekitar maupun warga melintas di jalan baru. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kemudian petugas dari Polres Rejang Lebong dan Detasmen A Pelopor Brimob Polda Bengkulu yang bersenjata lengkap langsung melakukan pengamanan garis polisi.

Bahkan bila sebelumnya garis polisi hanya dipasang dipagar halaman rumah tempat meletakkan benda yang diduga bom tersebut, kemudian area steril diperluas dengan jarak sekitar 50 meter dari lokasi kardus berisikan benda yang diduga granat tersebut.

Saat ditemuai di lokasi, Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK bersama Kaden A Pelopor Brimob Polda Bengkulu Kompol Mada Ramadita SH SIK belum bisa memastikan apakah benda yang ditemukan tersebut adalah granat atau bukan. \"Kita belum bisa memastikan apakah benda ini granat atau bukannya,\" terang Kapolres.

Namun menurut Kapolres, bila dilihat dari bentuknya benda tersebut adalah granat berbentuk nanas, dan berusia puluah tahun serta sudah lama terendam dalam aliran drainase, hal tersebut terlihat dari bentuk benda yang sudah berkarat.

Sementar itu, untuk langkah yang dilakukan, Kapolres mengaku pihaknya terus melakukan steril diarea tempat penemuan benda yang diduga granat sembari menunggu tim Tim Gegana Jihandak dari Polda Bengkulu yang langsung bergerak dari Kota Bengkulu menuju Kota Curup pasca mendapat informasi penemuan benda yang diduga granat tersebut. \"Kita masih menunggu tim jihandak dari Polda Bengkulu untuk melakukan evakuasi yang biasanya dilakukan penjinakan di tempat yang terbuka luas,\" akhir Kapolres.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: