Gedung Dekranasda untuk Ajang Promosi

Gedung Dekranasda untuk Ajang Promosi

CURUP, BE - Jajaran pengurus Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Rejang Lebong, Jum\'at pagi (18/01) menggelar syukuran dan do\'a.  Kegiatan ini dilaksanakan di gedung baru Dekranasda di Jalan Merdeka Kelurahan Pasar Baru, Curup.  Kegiatan yang berlangsung sederhana tersebut dipimpin Ketua Dekranasda RL Hj Susilawati, SE MM serta akademisi STAIN Curup Drs. Kemas Rezi Susanto MPd.I yang turut melafalkan do\'a.

Ditemui usai kegiatan, Susilawati mengharapkan gedung Dekranasda RL mampu menjadi wadah untuk ajang promosi berbagai macam produk kerajinan masyarakat dari 15 kecamatan di RL. Hal ini, ditujukan untuk meningkatkan gairah dan semangat dunia usaha yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, khususnya usaha rumah tangga yang digeluti para ibu rumah tangga.

\"Saya sudah sampaikan kepada ibu camat, untuk mengajak masyarakat mereka mempromosikan produk kerajinan khas masing-masing kecamatan untuk dipromosikan di gedung Dekranasda ini,\" ujar Susilawati.

Wanita yang akrab disapa Ibu Sus itu, juga sangat mengharapkan, wadah promosi gedung Dekranasda mampu memberikan dampak yang positif terhadap dunia usaha khususnya perdagangan dan industri kecil skala rumah tangga, agar lebih maju dikemudian hari.  \"Selain promosi kerajinan daerah, berbagai pelatihan keterampilan bagi para ibu rumah tangga akan dilakukan, baik itu kerajinan mengolah makanan dan kerajinan lainnya yang memiliki nilai ekonomi,\" tegasnya.

Kaum wanita, sambung Ibu Sus, bisa juga berperan untuk membantu menambah penghasilan keluarga, dengan usaha kerajinan yang bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan bahan yang mudah diperoleh di lingkungan kita.   \"Kalau setiap ibu rumah tangga sudah memiliki usaha kerajinan yang dilakukan di rumah, mudah-mudahan akan meningkat ekonomi keluarga, secara otomatis diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,\" harap Ibu Sus.

Diakui olehnya, untuk saat ini, fungsi dan peran gedung Dekranasda ini, belumlah dapat dimaksimalkan karena baru dibanguan dan ditempati. “Rencana ke depan, kita akan melibatkan kalangan dinas, instansi dan badan pemerintan Kabupaten Rejang Lebong dalam memaksimalkan peran dan fungsi gedung Dekranasda ini seperti contoh, kita akan bekerjasama dengan pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, agar setiap wisatawan yang berkunjung nantinya dapat mengunjungi gedung Dekranasda ini.

Tujuannya, selian sebagai ajang promosi kuliner dan wisata budaya, juga dapat memberikan sedikit informasi terkait budaya dan sejarah Rejang ke depannya,” katanya.

Bahkan, berbagai masukan juga disampaikan masyarakat secara langsung, gedung Dekranasda ini, juga dapat diwarnai dengan kegiatan hiburan seperi karoeke lagu-lagu daerah dari berbagai suku dan bangsa. “ Hari ini, kami baru mendapatkan informasi dari masyarakat  setempat agar dilantai bawah gedung ini, dapat ditempatkan sebagi sarana hiburan seperti karaoke lagu–lagu Rejang dan hal itu akan kita pertimbangkan,” tutur Ibu Sus.

Terpisah, Abay selaku pihak pelaksana kegiatan pembangunan Gedung Dekranasda menuturkan bahwa, pihaknya saat ini telah menuntaskan seluruh pekerjaan pada bangunan tersebut hingga 100 persen.  Dan hal itu merupakan apresiasi mendalam yang diberikan oleh CV. Serumpun Makmur kepada Pemerintahan Kab. RL.

“Dengan telah selesainya pekerjaan pada gedung Dekranasda yang dilakukan oleh CV. Serumpun Makmur ini, diharapkan dapat bermanfaat dikemudian hari. Untuk dananya, bersumber dari dana APBN Murni yang mencapai Rp 1,7 miliar, ” kata Abay singkat. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: