Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

\"001105_471275_olahraga\"OLAHRAGA bukan hanya sebagai kegiatan secara fisik, namun juga untuk memengaruhi pribadi dan kesehatan mental Anda.

Lalu faktor apa saja yang bisa membuat olahraga erat kaitannya dengan faktor kondisi kesehatan mental?

Kita semua tahu kalau olahraga itu sangat baik untuk melatih tubuh agar stamina bagus, otot menjadi kuat dan juga bisa untuk menurunkan berat badan.

Pada saat Anda berolahraga secara fisik ternyata hal ini bisa digunakan untuk mengatasi kesehatan mental.

Berikut beberapa manfaat olahraga bagi perkembangan dan kesehatan mental, seperti dilansir laman MSN, Kamis (29/9).

1. Mengurangi stres.

Berolahraga secara teratur telah terbukti membantu mengurangi stres. Studi menunjukkan bahwa olahraga sangat efektif dalam mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi dan untuk meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan.

2. Meningkatkan memori.

Olahraga memiliki kemampuan untuk langsung meningkatkan fungsi otak Anda. Olahraga juga bisa membantu mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer.

3. Mengurangi fatigue/kelelahan.

Olahraga memiliki kemampuan untuk melawan kelelahan, meningkatkan energi, meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan Anda.

Olahraga dan aktivitas fisik memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda dan membantu pekerjaan sistem kardiovaskular lebih efisien.

Dan ketika jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien, Anda memiliki lebih banyak energi.

4. Membantu meredakan gejala kecemasan dan depresi.

Jika Anda merasa tertekan, maka penting untuk tetap aktif, bahkan ketika semua yang Anda ingin lakukan adalah duduk dan tidak melakukan apa-apa, yang merupakan salah satu hal terburuk yang bisa Anda lakukan.

Telah terbukti bahwa olahraga bisa membantu dengan depresi. Ketika Anda berolahraga, tubuh akan melepaskan endorfin yang terkait dengan otak Anda dan mereka memicu perasaan positif dalam pikiran dan tubuh Anda.

5. Meningkatkan konsentrasi.

Latihan atau olahraga membantu meningkatkan produktivitas dan konsentrasi keseluruhan.(fny/chi/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: