KTM Lagita Tak Kunjung Tuntas

KTM Lagita Tak Kunjung Tuntas

ARGA MAKMUR, BE- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dinilai tak serius menangani Program Pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Lais, Giri Mulya dan Ketahun (Lagita).

Pasalnya sejak tahun 2009 hingga saat ini persoalan pembebasan lahan tak kunjung selesai. Akibatnya Sekretaris Daerah (Sekda) BU, Drs Said Idrus Albar MM atas nama Bupati BU, Ir Mian melalui Kabag Pertanahan melayangkan surat ke Kepala Disnakertrans agar segera berikan berkas KTM Lagita guna kepengurusan pembebasan lahan seluas seluas 54 hektare.

Adapun berkas yang diminta yakni 11 persil sertifikat asli yang masuk dalam lahan KTM Lagita, akta jual beli atau surat berkenaan dengan pembebasan lahan. Kemudian SKT lahan masyarakat yang masuk dalam lokasi KTM Lagita dan kwitansi jual beli atau pemberian ganti rugi.

Kabag Pertanahan Jon Kenedi SSos melalui Kasubbag Pengadaan Tanah, Dammuri membenarkan pihaknya telah memberikan surat ke pihak Disnakertrans. Tujuannya yakni meminta penyerahan seluruh berkas yang dibutukan dalam kepengurusan pembebasan lahan KTM Lagita.

‘’Kita sudah surati langsung Disnakertrans untuk memberikan berkas mengenai KTM Lagita yang diperlukan dalam kepengurusan lahan tersebut,’’ ujarnya kepada Bengkulu Ekspress (BE) saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Ia menyampaikan, lahan seluas 54 hektare terdiri dari 55 bidang. Namun hanya 11 bidang yang mempunyai sertifikat, sehingga perlu dilakukan pembebasan hak ke Badan Pertanahan Nasional (BPN.

‘’Kalau 44 bidang lain itu sudah selesai, karena cuma SKT saja. Tapi 11 bidang yang punya sertifikat butuh pembebasan hak dan balik nama,’’ ungkapnya.

Disamping itu, menurutnya jika seluruh berkas KTM Lagita sudah diserahkan, maka pihaknya segera melakukan pengurusan penerbitan sertifikat. Sehingga kedepan, lanjutnya lahan itu resmi atas nama aset milik Pemerintah Daerah (Pemda) BU.

‘’Nanti jika lengkap kita akan langsung ajukan ke BPN untuk terbitkan sertifikatnya. Insyalaah tahun ini selesai, jika semuanya lengkap,’’ pungkasnya.(cw5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: