Penyuluh Berpeluang jadi PNS

Penyuluh Berpeluang jadi PNS

\"honorer_ilustrasi\"

TAIS, BE - Pada 2016 sebanyak 15 orang tenaga penyuluh dari tenaga honorer lepas (THL) masuk database seleksi CPNS. Mereka berpeluang menjadi PNS. Sekalipun telah masuk dalam database, untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) para THL itu harus mengikuti serangkaian tes dan pendaftaran secara online.

“Dari yang ada hanya 15 orang ini yang telah memenuhi syarat untuk ikut CPNS yang diselenggarakan Kementerian Pertanian. Kendati demikian mereka tetap mengikuti tes CPNS melalui sistem CAT,” tegas Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Seluma H Hendarsyah SIP MT kepada BE kemarin (14/9) di ruang kerjanya.

Pendaftaran untuk mengikuti tes CPNS bagi bagi 15 orang THL itu sudah dibuka. Pendaftaran ditutup pada 20 September. Mereka yang belum mendaftar secara online disegerakanlah.

Saat ini Kabupaten Seluma memiliki 105 orang tenaga penyuluh dari PNS dan THL. Untuk THL sendiri jumlahnya sebanyak 43 orang. Sisanya diangkat menjadi tenaga kontrak penyuluh oleh Kementerian Pertanian. Gaji mereka dibayarkan kementerian langsung.

Dijelaskan, mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Seluma ini bukan hanya penyuluh pertanian saja yang berpeluang menjadi PNS. Penyuluh perikanan dan penyuluh kehutanan juga, seperti kelompok penyuluh fungsional sebanyak 11 orang. Kemudian di Kecamatan Sukaraja 23 orang, Lubuk Sandi 17 orang, Talo 12 orang, Seluma Timur 10 rang, Seluma 17 orang, Semidang Alas Maras (SAM) 14 orang, SA 15 orang, Ilir Talo 13 orang, dan Kecamatan Seluma Selatan 15 orang.

“Mereka berkoordinasi dengan BP3K yang ada di kecamatan dalam menjalankan tugas. Tapi untuk pembayaran gaji masih di Kantor BP4K,” pungkas Hendarsyah.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: