Ribuan Pelanggan Menunggak Listrik

Ribuan Pelanggan Menunggak Listrik

\"listrik_234\"TAIS, Bengkulu Ekspress - Kesadaran masyarakat Kabupaten Seluma membayar tagihan listrik masih rendah. Sebanyak 9 ribu pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Tais menunggak pembayaran listrik. Dari total pelanggan 30.542 pelanggan di Kabupaten Seluma. Dengan total tunggakan sekitar Rp 350 juta.

“Jumlah tunggakan ini terbesar di Kecamatan Sukaraja dan Tais. Di beberapa kecamatan lainnya masih terdapat, tapi tidak sebesar di dua kecamatan tersebut,” tegas Manager PLN Rayon Tais Rully Patria kepada BE kemarin (7/9).

Tunggakan pembayaran listrik tersebut berasal dari pemakaian warga. Sementara Pemda seluma dan perusahaan yang ada di kabupaten Seluma sudah lancar membayar listrik setiap bulannya. Besarnya tunggakan tersebut diyakini akibat faktor masih minimnya kesadaran warga terhadap kewajiban, serta masih banyaknya pelanggan yang masih menggunakan meteran lama. Belum beralih ke meteran prabayar seperti yang sudah mulai dikembangkan. Kendati demikian PLN Rayon Tais tetap mengajak warga beralih ke listrik prabayar. Listrik prabayar banyak keuntungannya ketimbang listrik meteran. Bagi pelanggan PLN yang mengunakan meteran bisa mengalami pemutusan listrik bila menunggak pembayaran.

Jika menggunakan listrik prabayar pelanggan lebih mengetahui kebutuhan pemakaian listrik, serta cepat mengetahui pulsa listrik yang dipergunakan dan kembali mengisinya.

\'\'Diperlukan waktu panjang untuk menertibkan tunggakan listrik. Mengingat di kabupaten Seluma masih banyak warga yang menggunakan meteran listrik lama. Termasuk juga mengimbau warga agar menggunakan daya listrik 1300 Whatt,\'\' katanya.

Rully menambahkan, pelanggan banyak meminta peningkatan pelayanan PLN. Secara bertahap pelayanan terus ditingkatkan manajemen PLN. Terutama terkait listrik yang masih kerap mati yang disebabkan gangguan jaringan dan kendala tanam tumbuh yang merusak jaringan.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: