Rasakan Manfaat DD/ADD

Rasakan Manfaat DD/ADD

\"dana_bengkulu_ekspress\"

SAM, BE - Pembangunan fasilitas desa menggunakan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kabupaten Seluma. Seperti pembangunan di Desa Tedunan, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Dengan adanya pembangunan jalan di desa tersebut.

Seperti disampaikan Kades Tedunan Syamsu Hidayat. Menurutnya, sejak bergulirnya ADD dari Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Seluma dan dana desa (DD) dari Pemerintah RI sejumlah sarana dan prasarana di desanya terus ditingkatkan.

“Jika sebelumnya pembangunan sangat susah sampai di desa. Dengan ADD dan DD sejumlah fasilitas umum di desa bisa dibangun. Mulai dari jalan lingkungan hingga sarana jalan sentra produksi,” tegas Syamsu Hidayat kepada BE kemarin (28/8).

Disampaikan Syamsu, pembangunan menggunakan DD 2016 di desanya, salah satunya pembangunan rabat beton di dua titik desa. Dengan panjang masing-masingnya 281 meter. Selain itu juga ada pembangunan siring pasang sepanjang 169 meter. Bahkan pembangunan gedung seni berukuran 10x6 meter juga dilakukan menggunakan DD.

“Tahun ini kita masih mengakomodir pembangunan yang diinginkan masyarakat desa,”sampainya.

Tahun depan, pembangunan yang dilakukan dimusyawarahkan bersama dulu dengan warga desa setempat. Warga menyampaikan aspirasinya, lalu diambil keputusan bersama pembangunan apa yang mau dilakukan. Dengan demikian pembangunan di desa benar-benar di dasarkan kebutuhan warga itu sendiri.

“Pembangunan didasarkan atas kata mufakat masyarakat desa sendiri. Sehingga tahap demi tahap membangunan dirasakan. Meski belum dirapatkan secara resmi, belum sejumlah warga menyampaikan usulan pembangunan jalan sentra produksi,” sampainya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: