2017, Dana Desa Rp 2 M

2017, Dana Desa Rp 2 M

\"dana_bengkulu_ekspress\"

TAIS, BE - Kepala desa dan masyarakat desa bisa semakin menikmati pembangunan. Pasalnya, terhitung tahun 2017 dana desa (DD) dari kementerian mengalami kenaikan 30 persen. Setiap desa ditaksir menerima DD Rp 2 miliar per tahunnya.

“Ini informasi yang berhasil kita himpun dari kementerian DD dari pemerintah pusat naik. Setiap desanya bisa menerima dana mencapai Rp 2 M,” tegas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Seluma Drs Julian Zuherwan MSi didampingi Sekretaris Bappeda Seluma Marah Halim SP MP kepada BE kemarin (2/8).

Dibeberkan Marah Halim, desa yang mendapatkan DD terbesar, yang termasuk pada tiga kategori. Berupa akses jalan ke desa jauh, terpencil, luas wilayah desa dan masih banyaknya warga miskin di desa tersebut serta topografi desa itu sendiri.

“Jelas DD yang besar tergantung pada 3 kategori desa. Terpenting penggunaan DD tersebut dapat mengacu pada aturan dan mengharuskan pada fisik di setiap desa,” sambungnya.

Hanya saja, sebelum DD ditahun 2017 dikucurkan, DD tahun 2016 harus direalisasikan dan harus menyertakan pertangungjawabkan penggunaan anggaran keseluruhannya. Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Deddy Ramdhaani SE MSE MA menuturkan, DD tahap ke II tahun 2016 mulai ditransfer ke rekening desa pada pertengahan Agustus ini. Hanya saja, hingga saat ini belum ada satupun desa yang menyampaikan laporan penggunaan DD sebesar 60 persen yang telah dikucurkan.

“Kita masih menunggu transfer dana dari kementerian sebesar 40 persen lagi. Termasuk juga menunggu laporan penggunaan anggran DD tahap pertama lalu, belum ada satu desa pun menyampaikannya,” singkatnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: