Pemkab Rejang Lebong Kuliahkan Peraih UN Tertinggi

Pemkab Rejang Lebong Kuliahkan Peraih UN Tertinggi

 CURUP, BE - Bupati Rejang Lebong, DR (HC) H A Hijazi SH MSi, berjanji akan menguliahkan siswa SMA di Kabupaten RL yang meraih UN tertinggi. Hal itu ia sampaikan saat penyerahan reward kepada peraih UN tertinggi di Lapangan Setia Negara, Minggu (29/5).

\"Seperti yang telah kita janjikan untuk peraih nilai UN tertinggi akan kita kulaihkan kedokteran di Unib, dan biayanya ditanggung Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong,\" ungkap Hijazi.

Menurut Hijazi, hal tersebut dilakukan selain untuk memotivasi para pelajar di Kabupaten Rejang untuk giat belajar, juga untuk mengisi kekurangan tenaga dokter yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Terkait dengan nilai UN tertinggi SMA yang diraih Afenda Dwi Yunita dari SMAN 1 Curup, namun merupakan warga Kabupaten Kepahiang, Hijazi menyatakan tidak menjadi masalah, karena yang dilihat adalah tempat ia sekolah.

\"Kalau dia bukan warga Rejang Lebong, setelah lulus kita buat kontrak harus mengabdi di Rejang Lebong ini,\" tegasnya.

Sementara itu, saat ditemui usai menerima reward uang sebesar Rp 12 juta dari Pemkab Rejang Lebong, Desiyanti (40), ibu dari Afenda, mengaku sangat terkejut dengn tawaran yang diberikan Bupati RL. Karena baik dirinya maupun maupun sang anak tidak mengetahui prihal beasiswa tersebut. \"Kami sangat terkejut, dan jelas pingin anak saya kuliah kedokteran terlebih lagi dibiayai oleh pemerintah,\" aku Desiyanti.

Desiyanti juga mengaku, bila sang anak memang ingin kuliah di kedokteran, namun karena terbentur biaya, sehingga diurungkannya. Saat ini Desiyanti mengaku anaknya sudah lulus SNMPTN di Institut Pertanian Bogor dengan jurusan Teknologi Perairan. Bahkan menurut Desiyanti, ia mewakili sang anak mengambil reward lantaran saat ini Afenda tengah melakukan daftar ulang di IPB.

\"Kita akan bicarakan dulu dengan Afenda apakah ia ingin menerima tawaran ini, atau justru melanjutkan di IPB, tapi kalau kami dari orang tua ingin mengambil kedokteran ini,\" akhir Desiyanti.

Untuk diketahui, selain memberikan reward kuliah kedokteran gratis kepada peraih nilai UN tertinggi, Pemkab RL juga memberikan reward berupa uang tunai seperti yang telah dijanjikan sebelumnya. Untuk siswa SMA peraih nilai UN tertinggi pertama mendapat uang pembinaan sebesar Rp 12 juta, kedua Rp 10 juta, dan ketiga Rp 8 juta.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: