Duh! Mabuk Komix Jadi Tren Remaja

Duh! Mabuk Komix Jadi Tren Remaja

BINTUHAN, BE - Komix sebagai obat batuk kemasan sachet sering disalahgunakan masyarakat Kaur. Bahkan saat ini menjadi tren bagi anak remaja bahkan pelajar sebagai pengganti minuman keras untuk mabuk. “Mabuk Komix ini marak di kalangan remaja. Komix bisa dibeli dengan mudah di warung maupun apotek dan harga murah. Kalau minuman keras, kan sekarang mahal,” kata Wakil Ketua DPRD Kaur, Darhan SIP, kemarin.

Menurut Darhan, obat batuk cair kemasan sachet ini seharusnya menjadi perhatian serius aparat keamanan dan instansi terkait. Sebab obat tersebut banyak disalahgunakan pemanfaatannya oleh kalangan remaja dan anak muda di wilayah Kabupaten Kaur. Obat yang seharusnya digunakan untuk meredakan batuk, dikonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan dengan tujuan untuk menyebabkan efek memabukkan. Kebiasaan ini telah banyak dijumpai di kalangan remaja dan anak muda yang sedang nongkrong.

“Ini harus sangat menjadi perhatian sekarang ini. Di tempat-tempat rawan, sambil nongkrong, mereka mabuk-mabukan dengan mengkonsumsi obat batuk cair berjenis Komix,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kaur Ir Defrial Map mengatakan, untuk mencegah itu, perlu adanya peran aktif orangtua, kalangan pendidik dan masyarakat secara keseluruhan. Sehingga persoalan penyalahgunaan obat batuk itu bisa diminimalisir.

“Mengonsumsi obat batuk cair secara berlebihan memang bisa membuat mabuk, dan masalah ini sering kita sosialisasikan ke sekolah. Juga untuk mencegah ini perlu peran semua pihak,” jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: