Pilkada Serentak, Muhammadiyah Netral

Pilkada Serentak, Muhammadiyah Netral

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu mengimbau semua kader dan anggotanya untuk bersikap netra dalam menghadapi Pilkada Serentak tahun 2015 ini. Hal ini disampaikan oleh Ketua PW Muhammadiyah Bengkulu, Syukron Zainul kepada wartawan di Sekretariat PW Muhammadiyah Bengkulu, Kamis (27/08/2015).

\"Menyikapi segala bentuk pemilihan, mulai dari pemilihan legislatif, presiden, pemilihan Gubernur, Muhammadiyah berada pada posisi netral secara kelembagaan,\" ujarnya.

Disampaikannya, seluruh pimpinan wilayah hingga pimpinan ranting tidak boleh menyampaikan kepada masyarakat membentuk opini bahwa Muhammadiyah mendukung salah satu calon. Sebab hal tersebut dinilainya melanggar etika berorganisasi di dalam perserikatan Muhammadiyah.

\"Itu melanggar aturan, melanggar etika berorganisasi didalam perserikatan Muhammadiyah,\" katanya.

Lanjut Syukron, apabila ada salah satu atau sebagian dari kader Muhammadiyah yang ingin mendukung salah satu calon dipersilakan untuk menyampaikan permohonan non aktif atau cuti dari organisasi Muhammadiyah.

\"Bagi Anggota pimpinan perserikatan, majelis, lembaga, organisasi otonom, amal usaha, dan institusi lainnya dalam lingkungan Muhammadiyah yang menjadi anggota tim sukses calon dalam Pilkada maka yang bersangkutan harus dinonaktifkan dari jabatannya sampai selesai pemilihan kepala daerah,\" imbau Syukron. (cul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: