Permintaan Akte Meningkat

Permintaan Akte Meningkat

BINTUHAN,BE- Setiap hari, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kabupaten Kaur, menerima sekitar 50 permohonan pembuatan akte kelahiran gratis dari warga masyarakat. Hal ini dikarenakan memasuki tahun ajaran baru dan penerimaan siswa, sehingga menyebabkan permintaan pembuatan akte kelahiran terus meningkat.

“Hampir setiap hari itu kita kadang menerima pemohon akte kelahiran itu sekitar 50 orang. Ini dikarenakan memasuki tahun ajaran baru. Rata-rata siswa yang baru mau masuk sekolah mengurus akte kelahiran ini,” kata Kepala Disdukcapil Kaur H Drs Sapuan Yunir kemarin.

Sapuan mengatakan, pihaknya berupaya bekerja maksimal untuk melayani warga masyarakat. Sementara agar warga tidak bolak balik dalam mengurus akte kelahiran ini, Dukcapil minta pengurus untuk mencermati dengan seksama seluruh persyaratan yang harus dilengkapi.

“Karena kalau tidak lengkap tidak dilayani, maka yang susah pengurus sendiri, dan untuk ngurus akte kelahiran ini gratis,\"ujarnya.

Lanjutnya, masyarakat selalu mengabaikan pembuatan akte kelahiran. Karena dianggap tidak perlu. Namun ketika dibutuhkan seperti memasuki tahun ajaran baru seperti sekarang ini barulah masyarakat mulau mengurusnya.

“Kesadaran masyarakat ngurus akte ini masih rendah, karena baru ngurus ketika perlu. Untuk stok formulir akte kelahiran aman untuk beberapa bulan kedepan,”terangnya.

Ditambahkanya, akte kelahiran ini salah satu persayaratan setiap ada keperluan. Selain sebagai data personal, juga digunakan dengan berbagai bidang lain, seperti pendaftaran sekolah, pendataan kependudukan dan lain sebagainya.

“Kita minta kepada warga yang belum mengurus akte kelahiran segera diurus. Juga kepada masyarakat mengurus sendiri, upayakan jangan memakai pihak ketiga,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: