522 Pengendara Kena Tilang

522 Pengendara Kena Tilang

BINTUHAN,BE- Tingkat kesadaran masyarakat di Kabupaten Kaur dalam berkendara masih tergolong buruk. Faktanya, sepanjang pelaksanaan Operasi Patuh Nala 2015 sejak 27 Mei hingga 9 Juni, Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Kaur mencatat telah menilang 522 dan menegur 598 pengendara.

“Pelanggar paling banyak adalah pengendara motor, paling banyak memang kurangnya kelengkapan surat,” kata Kapolres Kaur AKBP Bambang Purwanto, SIK melalui Kasat Lantas AKP Iskandar SH kemarin.

Selain itu, polisi lebih banyak menahan berkas kendaraan berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dibanding Surat Izin Mengemudi (SIM). Berkas itu dapat kembali diambil usai pengendara menjalani sidang di Pengadilan.

“Barang bukti yang disita dari pelanggar 415 STNK dan 69 SIM. Ini berarti pelanggar banyak yang mengendarai kendaraan tapi tidak bawa punya STNK,” terangnya.

Lanjut Kasat, pelajar salah satu pelanggar lalu lintas yang cukup tinggi, yakni sekitar 200 pengendara, sisanya PNS dan masyarakat biasa. Menurut dia angka pelanggar lalu lintas untuk kategori pelajar naik dari tahun lalu, yakni dari 150 orang, kemudian naik di tahun 2015 menjadi sebanyak 200 orang.

“Sosialisasi kepada pelajar baik melalui dinas pendidikan dan sekolah terus kila lakukan. Kita berharap kedepannya terjadi penurunan angka pelanggaran lalu lintas di kalangan pelajar ini,” terangnya.

Ditambahkan perwira tiga balok di pundak ini, umumnya pelanggaran lalu lintas yang sering ditemui anggota lantas di lapangan, yakni para pengendara kendaraan bermotor tidak membawa surat menyurat, tidak menggunakan helm, dan kelengkapan kendaraan lainnya. Padahal penggunaan helm dan kelengkapan kendaraan itu penunjang keselamatan berkendaraan, tetapi masih banyak pengendara kendaraan bermotor yang tidak mematuhi aturan tersebut. Namun Iskandar menyatakan meskipun pelaksanaan Operasi Patuh Nala sudah selesai. Pihaknya tetap akan melakukan razia secara rutin dalam rangka menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di Kaur.

“Operasi rutin tetap kita gelar, bersama jajaran setingkat polres dan polsek. Kita minta kepada pengendara agar tertip berlalu lintas. Karena tertib lalulintas itu sangat penting ini bisa diminimalisir kecelakaan,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: