Janji Sudah Ditepati, Danlanal Pamit

Janji Sudah Ditepati, Danlanal Pamit

\"RIO-PAMITANBENGKULU,BE- Setahun tugas di Bengkulu, tenyata sudah banyak dilakukan oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letkol Laut (P) Amrin Rosihan Handratomo. Tapi, sayangnya dia harus meninggalkan Bengkulu. Doanya, agar lama mendapatkan tugas di Bengkulu tidak terkabul. Sebenarnya, ia masih ingin tugas di Bengkulu hingga empat tahun lagi. Tapi, surat telegram dari atasannya, Senin (7/6) nanti, dia harus sudah melakukan serah terima jabatan dengan penggantinya.

Jum\'at (4/6) pukul 11.00 WIB kemarin, Danlanal datang ke Graha Pena Bengkulu Ekspress, disambut General Manager BE Sukatno SPd MSi, General manager BETV Firdaus, MM, Pimpinan Redaksi Suherdi, Manager Iklan Hadi Nurahman, Manager Sirkulasi Jamal, Manager EO Ade Kurnia, dan jajaran redaksi lainnya.

Dia mengungkapkan, dengan berat hati harus meninggalkan Bengkulu karena mendapatkan tugas baru. Sejak beberapa minggu tinggal di Bengkulu, sebenarnya dia sudah jatuh cinta dengan Bengkulu. Hubungan emosional dengan masyarakat Bengkulu sudah terjalin sangat erat. Apa yang dia rasakan selama di Bengkulu, tidak pernah dia rasakan di daerah lain. \"Hubungan silahturahim antar instansi tidak ketemu di daerah lain. Seperti main gaple, saya sangat terkesan sekali keakraban ini, karena hanya didapatkan di Bengkulu. Bahkan, perpisahan anak TK, SD, hingga SMP saya diundang, dan saya usahakan hadir jika tidak ada agenda lain,\" ujarnya, menyampaikan kesan selama berada di Bengkulu.

Perasaan ini bertolak belakang saat pertama kali mendapatkan kabar mendapat tugas menjadi Danlanal di Bengkulu. Dia menceritakan kisahnya, saat diangkat menjadi Danlanal, perasaan bahagia dia rasakan. Terlebih, dia adalah prajurit pertama yang menjadi danlanal dalam satu angkatannya. Tetapi, saat mengetahui penugasan di Bengkulu, perasaan itu menjadi lain. Rasanya seperti dibuang ke daerah pelosok negeri, yang jauh dari rasa kebahagiaan dan kegembiraan. Ternyata, apa yang ia pikirkan salah.

Ketika menginjakan kaki di Bengkulu, perasaan nyaman langsung dia dapatkan. Hingga akhirnya selama setahun sangat menikmati bertugas di Bengkulu. Sebenarnya, sejak beberapa bulan lalu, sudah mendapatkan kabar akan dipindah dari Bengkulu. Tapi karena sudah terlanjur kerasan di Bengkulu, Amrin minta waktu agar mutasi ditunda. Sebab masih ingin merasakan kenyamanan tugas di Bengkulu. \"Dulu saya pikir-pikir ditugaskan di Bengkulu. Sekarang, jangankan setahun, empat tahun saya mau di tugaskan di Bengkulu. Itu juga saya sampaikan kepada atasan saya,\" ujar Amrin.

Bahkan, lanjut Amrin, sudah berencana memindahkan anaknya untuk sekolah di Bengkulu. \"Saya sudah punya rencana dengan istri, anak mau saya sekolahkan di Bengkulu,\" tuturnya. Meski, perintah tugas di Bengkulu sangat cepat, Amrin mengaku dapat meninggalkan Bengkulu dengan perasaan tenang dan plong. Sebab, janjinya kepada masyarakat Pulau Enggano sudah ditepati. \"Perintah mutasi sudah lama. Tapi diberikan kesempatan oleh atasan untuk menyelesaikan janji kepada masyarakat Enggano,\" ujarnya.

Diantara janji sudah dilaksanakan antara lain perbaikan jalan hingga 700 meter, perbaikan 5 jembatan dan gorong-gorong, dan melakukan bakti sosial. Selain itu, juga memfasilitasi ketersediaan air bersih layak minum untuk masyarakat Enggano. \"Kemarin saya juga ke Enggano, menyerahkan bantuan sekitar 900 galon. sumbangan dari gubernur, ketua DPRD provinsi, kepala dinas PU, dan lainnya masing-masing menyumbang 150 galon. Danlanal sendiri menyumbang 300 galon,\" katanya.

Berbagai kegiatan pembangunan yang telah dimotorinya, telah membantu masyarakat Pulau Enggano. Khususnya trasportasi antar desa kini sudah bisa dilalui dengan lebih cepat. Sebab jalan-jalan wilayah tersebut, sudah diperbaiki. \"Hanya sedikit bagian yang belum, diharapkan akan dilanjutkan pemerintah,\" katanya. Tidak hanya itu, masih banyak kenang-kenangan lainnya dari danlanal. \"Yang jelas, saya sudah puas, janji-janji saya sudah ditepati semua,\" ujarnya.

Saat pamitan dengan karyawan Bengkulu Ekspress, Danlanal menyerahkan kenang-kenangan berupa meriam dan kapal 57 kepada General Manager BE, Sukatno SPd MSi dan General Manager BETV, Firdaus MM. Setelah itu, giliran karyawan BE memberikan kejutan kepada danlanal, yang sedang berulang tahun ke-43. Danlanal mengaku terharu mendapatkan kejutan ulang tahun itu, berharap silahturahim dengan Bengkulu Ekspress dan masyarakat Bengkulu tetap terjalin sampai kapan pun. Selamat ulang tahun komandan dan selamat bertugas di tempat baru! (100)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: