Tahun Ini, Ganti Rugi Lahan Tuntas

Tahun Ini, Ganti Rugi Lahan Tuntas

KARANG TINGGI, BE-  Ganti rugi tanam tumbuh di lahan perkantoran Desa Renah Lebar dan Renah Semanek Kecamatan Karang Tinggi, baru tuntas 90 persen. Sisa sisa lahan yang belum dibayar ganti ruginya 10% lagi  dituntaskan pada tahun ini. Pembayarannya menggunakan dana APBD 2013.

\"Kalau proses pembangunan sudah bisa dilakukan di lahan itu, apalagi 90 persen dari lahan itu sudah tuntas. Nah sisanya kami bayarkan pada tahun depan. Apalagi tim verifikasi terus melakukan pengukuran dan penghitungan besaran ganti rugi pada warga yang belum menerima,\" ujar Kabag Pemerintahan Setdakab Benteng, Drs. Ahmad Munir.

Diungkapkannya, sebanyak 23 orang pemilik lahan sempat datang ke Setda. Mereka mempertanyakan kejelasan pembayaran lahan mereka. Lahan itu sudah tuntas dibayarkan dan mereka juga sudah mencairkan ganti rugi tanam tumbuh itu di rekening masing-masing.

\"Sebanyak 23 orang memiliki lahan dengan total 34,4 hektar sudah kami bayarkan gantu ruginya, dananya diambil dari APBD sekitar Rp 1,4 miliar dan sudah masuk ke rekening mereka masing-masing,\" ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga mengimbau pada warga yang belum mendapatkan pembayaran ganti rugi karena masih dalam proses penghitungan untuk bersabar. Dia menyakinkan bila pada 2013 semua lahan yang masuk lahan perkantorandibayarkan. Pembayaran ini memang menjadi hak warga.

\"Tahun 2013 mudah-mudahan tuntas. Kami juga minta warga bersabar karena semuanya pasti akan kami tuntaskan apalagi ini sudah menjadi kesepakatan kami bersama DPRD,\" jelasnya.

Tak hanya itu, dia juga meminta pada semua warga khususnya yang bermukim di sekitar lahan perkantoran untuk mendukung semua aktivitas pembangunan di daerah itu. Pasalnya dengan adanya pembangunan maka warga sekitar juga mendapatkan manfaat, seperti akses infrastruktur yang lebih baik khususnya jalan, air bersih dan transportasi.

\"Jika pembangunan berhasil tanpa hambatan maka daerah itu cepat tumbuh dan berkembang. Bukan saja infrastruktur yang lebih baik namun listrik juga akan tersedia maksimal dan yang terpenting pertumbuhan ekonomi warga sekitar juga akan cepat lajunya,\" ujarnya. Lebih lanjut dikatakannya, dari total seluruh luas lahan itu maka 30% tetap dikembalikan pada warga dan dibangunkan fasilitas umum yang berkaitan langsung dengan warga. (111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: