Soal UN SD Hanya 1 Paket

Soal UN SD Hanya 1 Paket

BENGKULU, BE - Berbeda dengan soal UN tingkat SMP/Mts, SMA/MA dan SMK. Khusus soal UN SD/MI hanya tersedia dalam 1 paket saja. Selain itu sebagian soal dibuat Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), namun sebagian lagi dibuat oleh guru.

\"Tak berbeda dari tahun lalu UN SD hanya terdiri dari 1 paket terdiri dari 25% yang ditetapkan oleh BSNP dan berlaku secara nasional. Sedangkan 75% soal lainnya ditetapkan oleh penyelenggara UN tingkat Provinsi berdasarkan kisi-kisi soal UN tahun yang ditetapkan oleh BSNP,\" ungkap Fungsional KehumasanDrs Budiyanta.

Soal UN SD/MI yang ditetapkan BSNP sudah dipilih dan dirakit dari bank soal, sesuai dengan kisi-kisi soal UN SD/MI tahun pelajaran 2012/2013. Soal yang ada di Bank soal dikembangkan dan dikelola oleh Pusat Penilian Pendidikan pada Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas. Sedangkan soal UN SD/MI yang ditetapkan oleh penyelenggara UN SD/MI tingkat Provinsi disusun oleh guru yang berpengalaman. Penyusun soal dari setiap Kabupaten/Kota yang sudah dilatih. Soal UN SD/MI mata pelajaran matematika berjumlah 40 soal, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia masing-masing 50 soal.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, guru-guru mata pelajaran yang akan ditetapkan sebagai tim pembuat soal sebelumnya disumpah terlebih dahulu. Pengambilan sumpah ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan soal. Tak hanya itu saja, area lokasi pembuatan soal pun juga disterilkan oleh pihak kepolisian. Bahkan setelah kegiatan tersebut rampung dikerjakan, seluruh unsur yang disinyalir dapat membocorkan soal, seperti coretan atau tulisan dalam bentuk apapun dimusnahkan.

Selanjutnya, apabila proses tersebut telah dilaksanakan penggandaan soal UN SD/MI dilakukan di tingkat provinsi oleh perusahaan percetakan yang ditetapkan oleh penyelenggara UN SD/MI tingkat provinsi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. (128)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: