200 Hektar Lahan Direhabilitasi

200 Hektar Lahan Direhabilitasi

TUBEI,BE - Ditahun 2015, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebong akan melakukan kegiatan rehabilitasi lahan di luar kawasan Hutan Lindung, Cagar Alam dan Tamana Nasional Kerinci Sebelat (TNKS). Kegiatan rehabilitasi difokuskan pada kawasan non produktif. Kegiatan yang dilakukan berupa penanaman kembali kawasan yang telah rusak dan non produktif dengan berbagai jenis tanam kayu-kayuan maupun tanaman produktif.

Diungkapkan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Lebong, Fakhrurrozi SSos MSi, kawasan yang akan direhabilitasi sampai saat ini belum di tentukan.

\"Nantinya akan kita fokuskan di wilayah-wilayah yang hutannya sudah rusak dan kawasan non produktif. Program ini tentunya akan melibatkan kelompok masyarakat. Untuk jenis bantuan yang akan kita berikan berupa kayu-kayuan maupun tanaman perkebunan yang produktif seperti Pala, Durian Petai atau kemiri. Artinya tanaman yang diberikan bisa menghasilkan dari buah, getah atau lainya,\" ungkap pria yang akrab disapa Rozi.

Selain itu, dirinya menambahkan, bantuan yang akan di berikan Pemerintah Kabupaten Lebong ini disesuikan dengan permintaan kelompok masyarakat. Namun, Bupati belum bisa memastikan kapan program ini dilaksanakan karena sampai saat ini pihaknya masih menunggu Daftar Pengguna Anggaran (DPA) Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebong.

\"Kita belum bisa memastikan kapan kegiatan tersebut akan dilakukan, soalnya DPA-nya belum ada. Mudah-mudahan DPA dalam waktu dekat ini sudah selesai, sehinggga program ini bisa di laksanakan secepatnya. Program ini harus tuntas ditahun anggaran 2015 karena tujuan program ini untuk mengembalikan fungsi hutan dan masyarakat bisa memanfaatkan hasil dari tanaman yang di berikan,\" pungkas Rozi.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: