Pelayanan Puskesmas Diminta Maksimal
BENTENG, BE - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) I Putu Sura Artika SKM,MM menegaskan, kepada seluruh Puskesmas untuk melaksanakan pelayanan masksimal terhadap pasien. Tentunya pelayanan yang diberikan tidak memandang pasiennya orang kaya atau miskin. Sehingga tidak ada perbedaan pelayanan terdaji ditengah-tengah masyarakat. \"Semua harus sama, tidak ada perbedaan dalam pelayanan Puskesmas, serta mengutamakan keselamatan terhadap pasien dalam keadaan darurat,\" tegas Putu. Jika ada pihak rumah sakit maupun puskesmas yang menanyakan tentang biaya sebelum pasien tanggap darurat mendapatkan perawatan. Maka pasien disarankan melaporkan pihak rumah sakit maupun puskesmas bersangkutan ke Dinkes atas dasar pelanggaran peraturan menteri kesehatan. \"Tidak ada perbedaan terhadap pasien kaya atau miskin. Kemudian jangan pernah menanyakan biaya pasien tanggap darurat sebelum penenganan dilakukan,\" terangnya. Ditambahkan, pasien miskin diharapkan lebih cerdas dalam pelayanan kesehatan. Dengan mengetahui syarat-syarat mendapat pelayanan seperti masuk BPJS. Jika belum masuk BPJS, tapi sudah sakit maka datangi pihak desa atau kelurahan maupun kecamatan untuk mendapat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Karena itu warga harus mengetahui aturan-aturan mengenai pelayanan kasehatan. \"Masyarakat harus tahu, supaya tidak mudah dibodoh-bodohi oknum pelayan kesehatan yang tidak bertanggung jawab,\" tutup Putu. (320)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: