Pelajaran Musik Tidak Bikin Anak Lebih pintar

Pelajaran Musik Tidak Bikin Anak Lebih pintar

\"151728_719311_musik_besar\"Orang dewasa percaya musik bisa membuat anak lebih cerdas. Agar anak lebih cerdas, banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke kursus musik. Namun, sejumlah peneliti dari Universitas Harvard yang diketuai oleh Samuel Mehr membuktikan anggapan itu tidak benar.

Penelitian terbaru membuktikan anak-anak yang diberi pelajaran musik tidak menjadi lebih baik dari anak lain.

Menurut Efek Mozart, musik dapat membuat anak lebih cerdas. Bukan hanya orang awam saja yang mempercayai kebenaran Efek Mozart. Di kalangan ilmuwan pun ada anggapan umum bahwa musik penting untuk kecerdasan.

\"Tapi hanya ada sedikit bukti yang mendukung anggapan bahwa musik dapat meningkatkan perkembangan kemampuan berpikir anak,\" kata Dr. Mehr, seperti dlansir laman Daily Mail.

Dr Mehr kemudian mengkaji lima jurnal terdahulu yang meneliti pengaruh musik. Dari lima jurnal itu tidak ada bukti yang bisa menunjukkan bahwa pelajaran musik dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Meski penelitian terbaru Dr. Mehr telah membuktikan tidak ada korelasi antara les musik dan peningkatan kecerdasan anak, orang tua jangan sampai melarang anak bermain musik. Menurut Dr Mehr, musik adalah sesuatu yang telah lama ada dan bersifat sangat unik.

\"Musik memberi tahu apa makna menjadi manusia, dan merupakan kegilaan jika tidak mengajarkan musik pada anak-anak kita,\" pungkasnya.(fny/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: