Curhat Cara Paling Mudah Redakan Stres

Curhat Cara Paling Mudah Redakan Stres

BERBAGAI macam dilakukan seseorang ketika terserang stres. Tapi, mungkin cara itu tidak langsung membuat stresnya hilang begitu saja. Daripada pusing-pusing, sebenarnya ada cara mudah untuk meredakan stres, yaitu curhat dengan orang yang sama-sama merasakannya.

Hal ini dikemukakan tim peneliti dari University of Southern California, University of Leuven dan University of California, Santa Barbara setelah mengamati sejumlah partisipan yang diminta melakukan tugas-tugas yang menyebabkan stres (seperti memberi pidato) secara berpasangan.

Tingkat emosi masing-masing orang juga diukur, begitu pula dengan tingkat ancaman yang diterima partisipan terkait tugas yang diberikan kepada mereka. Dari situ ternyata diperoleh fakta bahwa makin serupa kondisi emosional kedua partisipan yang berpasangan, makin besar penurunan kadar hormon stres mereka ketika dihadapkan pada tugas yang diberikan.

Selain itu, partisipan yang mengaku ketakutan jika harus berbicara di depan publik mengaku tak begitu stres ketika tingkat emosionalnya hampir sama dengan rekan satu timnya.

Dan menurut peneliti, kondisi serupa juga berlaku untuk situasi nyata seperti ketika tengah mempersiapkan presentasi kerja.

\"Misalkan ketika anda diharuskan membuat presentasi untuk sebuah proyek penting, maka akan ada situasi yang membuat anda merasa terancam dan stres anda jadi meningkat dibuatnya. Namun sekadar curhat atau berbicara dengan kolega yang merasakan emosi yang sama ternyata dapat membantu menurunkan tingkat stres itu,\" kata peneliti Sarah Townsend, seperti dilansir laman Huffingtonpost, Kamis (13/2).

Tapi jangan keliru mengartikan temuan ini. Penelitian yang dilakukan sebelumnya menemukan bahwa mendiskusikan masalah secara berlebihan dengan teman, justru bisa menambah tingkat stres anda. (fny/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: