Liga Europa: Anzhi, Newcastle, Bordeaux Lolos

Liga Europa: Anzhi, Newcastle, Bordeaux Lolos

\"\"

Gol Christopher Samba dan Samuel Eto\'o sukses menjaga peluang Anzhi di Liga Europa sekaligus menjawab kritik terhadap performa mereka di kompetisi domestik. Tim tuan rumah langsung menekan lini pertahanan Udinese sejak menit pertama namun peluang Mbark Boussoufa, Brkic dan Eto\'o kerap digagalkan kiper Zeljko Brkic sementara Udinese hanya bisa mengancam dari sepakan jarak jauh. Skor 0-0 bertahan hingga 45 menit pertama selesai. Episode di babak kedua berjalan tidak jauh dari babak pertama dan tekanan tuan rumah akhirnya berbuah hasil pada menit 70 ketika tendangan dari jarak dekat Samba gagal dihalau bek lawan. Lima menit kemudian sepakan Eto\'o ke pojok kiri bawah gawang memastikan kemenangan timnya. Atletico Madrid makin mendekatkan diri mewujudkan ambisi menguasai grup setelah mereka mengalahkan Hapoel Tel Aviv 1-0. Tim tuan rumah langsung unggul pada menit ketujuh saat dorongan Emre Belozoglu disempurnakan Raul Garcia di dalam kotak penalti. Hapoel nyaris menyamakan kedudukan lima menit kemudian saat tendangan sudut Gil Vermouth gagal ditanduk dengan baik oleh Roei Gordana. Sejak saat itu Atletico meneruskan dominasi pertandingan namun mereka gagal mencetak gol. Serangan Hapoel sendiri kerap gagal menembus benteng kokoh di Vicente Calderon. Newcastle hanya bermain imbang 1-1 melawan tamunya Maritimo di St James Park namun mereka dipastikan lolos dari babak grup. Sylvain Marveaux membuka gol pada pertandingan ini dari sudut yang cukup sempit di babak pertama tepatnya di menit 23 namun tendangan Philipe Fidelis sepuluh menit jelang bubaran membuat Maritimo sukses mencuri poin di St James Park. Pada pertandingan ini Newcastle harus menerima pil pahit karena Ben Arfa ditarik keluar di babak pertama karena diduga mengalami cedera hamstring. Tampil di hadapan pendukungnya sendiri AIK Solna harus mengakui keunggulan tim kuat Serie A Italia Napoli dengan skor 2-1. Edinson Cavani menghadirkan masalah di lini pertahanan lawan sebelum memberikan sodoran manja untuk diselesaikan Blerin Dzemaili pada menit 20. 15 menit kemudian giliran tuan rumah mencetak gol. Umpan silang Viktor Lundberg gagal dihadang barisan pertahanan Napoli untuk kemudian ditanduk Helgi Danielsson dan menaklukkan kiper Antonio Rosati. Striker tajam Uruguay Edinson Cavani akhirnya mendapat kehormatan sebagai pencetak gol terakhir di Stadion Rasunda di masa injury time sekaligus memastikan timnya lolos dari fase grup.
Dua pemain Amerika Selatan menghadirkan kemenangan 2-0 Metalist Kharkiv atas tim perwakilan Jerman Bayer Leverkusen. Kedua tim bermain sama kuat tanpa gol di babak pertama namun tuan rumah langsung unggul melalui pemain Argentina Jonathan Cristaldo sesaat setelah babak kedua bergulir. Lima menit kemudian Metalist sukses menggandakan keunggulan sekaligus membungkus kemenangan saat Cleiton Xavier menyempurnakan umpan Taison. Meski kalah Bayer tetap lolos dari babak grup bersama Metalist.   Harapan FC Twente untuk berbicara banyak di Liga Europa kandas setelah mereka bermain imbang tanpa gol melawan Hannover. Kemenangan 3-1 Levante atas Helsinborg membuat skuat Steve McClaren tidak akan masuk dalam daftar 32 klub di Liga Europa yang lolos dari babak grup. Twente sebetulnya tampil lebih baik di babak pertama sayangnya mereka gagal menjebol gawang sebaliknya Hannover mulai memberi jawaban di interval kedua. Nasib sial Twente bertambah karena lima menit sebelum bubaran Rasmus Bengtsson mendapat kartu merah langsung karena melanggar keras Sobiech.   Fenerbahce sukses mempertahankan catatan tak terkalahkan di Liga Europa musim ini berkat kemenangan tipis 1-0 atas Marseille di Stade Velodrome. Gol satu-satunya yang tercipta pada pertandingan ini diciptakan Bekir Irtegun lima menit sebelum babak pertama selesai. Gol Bergun tercipta cukup sensasional karena dia memanfaatkan umpan sepak pojok dengan sebuah tendangan akrobatik. Tim tuan rumah bukan tanpa peluang namun aksi Dede Ayew dan Lucas Mendes kerap mengalami kegagalan. Fenerbahce sudah memastikan diri lolos dari fase grup sementara peluang Marseille mengikuti jejak raksasa Turki ini cukup tipis.
 
Hasil Pertandingan Lainnya
Akademica Coimbra 1-1 Viktoria Plzen Borussia Monchengladbach 2-0 AEL Limassol Club Brugge 1-2 Bordeaux Molde 1-2 FC Copenhagen Steaua Bucuresti 1-5 Stuttgart Videoton FC 0-1 Racing Genk FK Neftchi 1-1 Partizan Belgrade Ironi Kiryat Shmona - Athletic Bilbao (Ditunda) Sparta Praha 1-1 Lyon Panathinaikon 1-0 NK Maribor Rosenborg 3-2 Rapid Vienna Helsinborg 1-3 Levante Basel 3-0 Sporting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: