70% Dewan Cuma Tamat SMA

70% Dewan Cuma Tamat SMA

KARANG TINGGI, BE- Agaknya Anggota DPRD Bengkulu Tengah masih harus berbenah diri dalam pendidikannya. Guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang diwakili. Pasalnya, saat ini 70% anggota dewan diketahui masih memegang ijasah lulusan SMA. Sedikit sekali yang sudah bergelar sarjana atau menamatkan pendidikan di perguruan tinggi strata 1 apalagi strata 2.

Akibatnya, masih banyak tugas dan fungsi dewan belum dikuasai. Sehingga pelaksanan Tupoksi dewan pun dirasa belum maksimal. Hal ini diakui Kabag Risalah dan Persidangan Sekwan DPRD Benteng A Jawani, SH dikonfirmsi BE kemarin, \"Ya baru 30% anggota dewan yang sudah menempuh pendidikan tinggi, sisanya 70% belum.\"

Feri Hariadi, Anggota Komisi II DPRD, kemarin merilis 3 nama anggota DPRD yang tengah mengikuti Yudisium untuk meraih gelar sarjana muda yang berlangsung di Hotel Rafles, Bengkulu. Ketiga nama itu, ungkap Feri, antara lain Zaitin Gustin, Jon Samsir dan dirinya sendiri. Mereka berhasil menggondol gelar setelah menempuh pendidikan tinggi di STIA (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi) Bengkulu selama 4 tahun.

\"Skripsi saya bertema pola kinerja pegawai di Setwan Benteng, hasil penelitian itu, seluruh pola kerja di Setwan Benteng biasa-biasa saja (tak menonjol),\" ujar Feri.

Anggota Dewan lainnya, Budi Suryantono mengaku tengah menyelesaikan studi pendidikan tingginya di sekolah tinggi yang sama. Ia berharap dalam waktu singkat dapat menyusul rekannya yang sudah lulus  tersebut. \"Saya juga lagi kuliah, baru semester V mereka sudah lebih dulu (mendaftar),\" kata Budi.

Meski tak menyatakan harapan besar atas gelar baru yang diperoleh itu, namun dengan selesainya kuliah tersebut, dewan merasa  senang. \"Senang sekali, karena mau yudisium,\" imbuh Feri berseri-seri bersama kemeja putih yang dikenakannya saat berangkat ke pelepasan almamaternya itu.

Feri mengatakan selama kuliah banyak ilmu yang ia dapatkan. Pengetahuan yang ia dapatkan dari perguruan tinggi itu sangat besar manfaatnya, untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, dirinya terkhusus, dan dewan umumnya. Untuk diketahui jumlah Anggota DPRD Benteng saat ini sebanyak 25 orang. Dari jumlah ini sebanyak 14 orang tamatan SMA, Sarjana Strata 1 (S1) sebanyak 10 orang dan sarjana strata 2 (S2) hanya 1 orang.(122)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: