BPBD Cek Lokasi Bencana Pasca Banjir

BPBD Cek Lokasi Bencana Pasca Banjir

ARGA MAKMUR, BE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Utara telah melakukan cek lokasi jalan serta infrastruktur lainnya di kabupaten ini yang banyak dilaporkan mengalami kerusakan pasca bencana banjir beberapa waktu lalu.Kepala BPBD kabupaten Bengkulu Utara Rahmat Riyanto, SE MM melalui Sekretaris Sudiro, SSos menjelaskan sudah melakukan pengecekan di semua desa terkait kerusakan-kerusakan yang terjadi.

Seperti jalan rusak, jembatan yang hampir jembol karena sudah dimakan usia sehingga tidak kuat lagi menahan derasnya aliran air hujan, \"Akan kita laporkan ke bupati untuk segera dianggarkan pembiayaannya sebelum kerusakan semakin parah dan menghambat aktifitas masyarakat, semua akan kita tindaklanjuti secepat mungkin dengan melibatkan dinas PU juga,\" jelas Sudiro.

Lanjut dia, pengecekan jalan yang dilakukan beberapa waktu lalu, bertujuan untuk memastikan tidak ada terjadinya longsor yang semakin parah atau putusnya jembatan karena selama sepekan ini hujan sangat deras dan menyebabkan beberapa desa yang belum pernah banjir untuk tahun ini mengalami kebanjiran yang dilihat dari pembangunan diring yang kurang pas dan keadaan yang sudah tua.

Sementara itu untuk lokasi Kecamatan Padang Jaya, ia mengatakan belum menerima laporan terkait bencana yang terjadi. \"Dihimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati melalui jembatan yang sudah rusak sebelum adanya perbaikan dan jika sudah ada anggaran biaya baru bisa direalisasikan pembangunannya,\" katanya.

Terpisah kepala dinas PU kabupaten Bengkulu Utara Eddy Suprianto, ST MT mengatakan sudah meninjau lokasi yang memerlukan perbaikan infrastruktur.Tahun depan, selain membangun sodetan untuk siring-siring yang kecil di daerah itu akan dipasang gorong-gorong, dan pembaharuan jembatan yang sudah semakin terancam putus atapun mengalami kerusakan yang mengganggu aktifitas masyarakat. \" Data laporan kerusakan infrastruktur yang perlu dibenahi sudah ada tinggal menunggu dukungan anggaran untuk merealiasikannya,\" tandas Eddy.(117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: