Desa Merigi Sakti Minta Bangun SMA

Desa Merigi Sakti Minta Bangun SMA

Siswa usia sekolah di Bengkulu Tengah saat ini masih banyak kesulitan untuk bersekolah. Terutama siswa tamatan SMP yang mau melanjutkan ke jenjang SLTA. Sebab didesa bahkan kecamatan belum memiliki SMA. Seperti yang terjadi di Kecamatan Merigi Sakti, dikecaatan ini belum ada SMA sama sekali.

Hal ini menjadi keluhan masyarakat selama ini. Sebagaimana dikeluhkan warga Dusun Curup, Kecamatan Merigi Sakti, Sanusi, \'\' SMA sangat butuhkan. Bukan saja untuk menekan angka putus sekolah. Namun juga untuk menghemat biaya.\'\' Sebab bila anak-anak warga desa Merigi Sakti harus bersekolah ke kecamatan lain orangtua harus mengeluarkan biaya ekstra. Untuk membayar ongkos Angdes agar anak bisa sampai ke sekolah. Bahkan terkadang anak harus indekos di kontrakan dekat sekolah tersebut.

\"Kecamatan Merigi Sakti sudah menjadi kecamatan sendiri, harusnya sudah memiliki SMA. Di sini cuma ada MTs, kalau SMA sama sekali tidak ada,\" kata Sanusi.

Sanusi mengharapkan pemerintah bisa membangun SMA di Merigi Sakti. Sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh menyekolahkan anaknya. \"Dulu bisa saja belum ada SMA, lantaran kecamatan belum defenitif. Namun saat ini Merigi Sakti sudah jadi kecamatan mandiri. Kalau bisa ditahun ajaran baru atau tahun depan SMA maupun SMK sudah ada disini,\" kata Sanusi.

Imlan, warga Desa Punjung, Kecamatan Merigi Sakti juga mengungkapkan hal serupa. Ia menjelaskan pihaknya sangat berharap tahun ini Pemda membangun sekolah di desa mereka. Sebab fasilitas umum tersebut sangat penting bagi masa depan anak-anak mereka. \"Harapan kami, Pemda bisa membangun sekolah untuk anak-anak kami. Sebab kalau harus sekolah di luar biayanya sangat mahal,\" kata Imlan. Terpisah, Camat Merigi Sakti H Mustar Yusuf menuturkan pihaknya mendukung atas usulan warganya soal pembangunan gedung SMA.

Dijelaskannya jika diwilayahnya itu ada sekolah menengah atas, hanya saja nama sekolah tersebut masih dibuat SMAN 1 Pagar Jati. Ia berharap sekolah tersebut dapat diubah menjadi SMAN 1 Merigi Sakti. Sehingga masyarakat di Desa Merigi Sakti bisa sekolah ditempat yang dekat. “Harusnya memang ada sekolah lanjutan atas dan menengah di kecamatan ini, semoga Pemda bisa menganggarkan pada tahun ini. Sebenarnya ada SMA di sini namun masih tercatat sebagai SMAN 1 Pagar Jati,” kata Mustar.

Sebagaimana diketahui SMA di Benteng hanya berjumlah 7 SMA. Sekolah ini hanya terdapat di 6 kecamatan. Sementara jumlah kecamatan di Benteng ada 10. Sekolah itu antara lain, SMAN 1 Talang Empat, SMAN 2 Talang Empat, SMAN 1 Pondok Kelapa, SMAN 1 Karang Tinggi, SMAN 1 Taba Penanjung, dan SMAN 1 Pagar Jati. Sedang 2 SMK berada di 2 kecamatan induk yakni SMKN 1 Pondok Kelapa dan SMKN 1 Pematang Tiga. (122)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: