DPT Kota Turun dari DPSHP

DPT Kota Turun dari DPSHP

BENGKULU, BE - Jumlah Daftar Pemilih tetap (DPT) di Kota Bengkulu berdasarkan data Daftar Pemilih Sementara Hasil Perubahan (DPSHP) mengalami penurunan. Diketahui, DPSHP sebanyak 250.070 pemilih, DPT hanya 249.185 pemilih. Ini menyusut akibat 885 DPSHP terdeteksi ganda, hingga dilakukan pencoretan.

KPU Kota Bengkulu sendiri akan menetapan DPT dalam rapat pleno hari ini. “Kami ada waktu dari tanggal 7 sampai 13 September untuk melakukan penetapan DPT. Namun kami memilih untuk melakukan penetapannya besok, 11 September. Hal ini kami lakukan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi,\" kata Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah SPd MSi, kemarin.

Sejauh ini data pemilih yang akan ditetakan menjadi DPT terus dikoreksi pihaknya. Bila masih ditemukan ganda atau kesalahan pasca ditetapkan DPT nanti, pihaknya siap melakukan perubahan. Darlin mengungkapkan, bagi masyarakat yang belum terdaftar, tidak perlu kuatir karena masih ada proses terakhir, yakni DPT Tambahan.

“Yang belum terakomodir silahkan lapor ke PPS, kemudian PPS akan melaporkan ke PPK dan dilanjutkan kepada KPU Kota. Selanjutnya KPU Kota akan berkordinasi dengan KPU Provinsi untuk penetapan DPT Tambahan tingkat Provinsi,\" bebernya.

Disinggung soal penyusutan DPT, menurut Darlin kemungkinan disebabkan ada beberapa pemilih yang dicoret akibat data ganda dan meninggal dunia. Ia pun berharap penurunan jumlah DPT ini tidak diikuti oleh berkurangnya partisipasi pemilih dalam memberikan hak pilihnya pada Pemilu 9 April 2014 mendatang.

Selain itu, Darlin juga mengatakan penurunan tersebut kemungkinan besar diakibatkan oleh akurasi PPS/PPK dalam pendataan ulang terhadap orang yang tidak dikenal, tidak diketahui alamat, meninggal dunia, atau pindah status dari SMA, menjadi anggota TNI/Polri yang tidak punya hak pilih. \"Terdapat beberapa daerah mengalami penambahan jumlah penduduknya dan ada juga daerah yang mengalami penurunan pemilih. Namun untuk saat ini KPU tetap juga menunggu klarifikasi masyarakat terhadap DPS-HP yang sedang kita sempurnakan,\" tukasnya.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: