Jamsostek Buka 500 Titik Layanan di Kantor BRI

Jamsostek Buka 500 Titik Layanan di Kantor BRI

JAKARTA, BE – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan PT Jamsostek (Persero) menghadirkan 500 Jamsostek Service Point Office (JSPO) di jaringan kantor BRI, yang terkenal sebagai bank dengan jaringan kantor terbesar di Tanah Air. “Sesuai amanat UU No.24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT Jamsostek (Persero) selaku BPJS Ketenagakerjaan dapat membuka/memiliki perwakilan di semua kabupaten / kota di seluruh Indonesia. Sebab itu, Jamsostek kemudian bekerjasama dengan BRI,” ucap Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali, di Jakarta. Ia menjelaskan, pola kerjasamanya dengan menggunakan kantor BRI baik Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, Kantor Kas sampai dengan Kantor BRI Unit sebagai  salah satu service point office bagi Jamsostek. Demikian, di kantor BRI, lanjut Ali, peserta Jamsostek bisa memeroleh pelayanan berupa informasi tentang program Jamsostek, baik bagi nasabah umum maupun  nasabah Bank BRI. “Kemudian dapat membantu memberikan formulir pendaftaran dan brosur-brosur program Jamsostek; Membantu menerima pendataran kepesertaan baru pada program Jamsostek; Menerima pembayaran iuran program Jamsostek dan membantu menerima pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) bagi peserta Jamsostek yang sudah memiliki hak pengambilan JHT-nya,” paparnya. Menurutnya, pada tahap awal ini, kata Ali, jumlah JSPO yang secara serentak diresmikan adalah sebanyak 500 titik JSPO pada 497 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia. Dan akan ditingkatkan sesuai kebutuhan para peserta Jamsostek. “Lewat kerja sama ini, sangat terbuka kesempatan pelayanan perbankan bagi para pelaku UMKM dari perusahaan – perusahaan peserta Jamsostek di seluruh Indonesia,” tandasnya. Adapun peresmian JSPO secara serentak ini mendapatkan penganugerahan dari Museum Rekor Dunia – Indonesia (MURI), dengan pencatatan rekor “Pembukaan Service Point Office Secara Serentak Terbanyak, 500 Unit” yang diberikan kepada Jamsostek sebagai Pemrakarsa, BRI dan PT ASDP sebagai pendukung terselenggaranya kegiatan dimaksud. Sebelumnya BRI telah menjalin beberapa kerjasama strategis dengan Jamsostek seperti Penyaluran dan Pemberian Jasa Perbankan, Penyaluran Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank (PUMP-KB), Pelayanan Penerimaan Iuran Jamsostek Melalui BRI Virtual Account, dan Penggunaan Jasa Kustodian BRI. “Sinergi ini akan sangat menguntungkan bagi kedua pihak. Bagi Jamsostek dapat memperluas akses kepada peserta yang akan memberikan kemudahan-kemudahan dalam pelayanan. Sedangkan bagi BRI akan terbuka peluang dalam mengedukasi tenaga kerja sebagai nasabah BRI,” tutup Ali. (ibn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: