Mengedepankan Aturan

Mengedepankan Aturan

\"Rohanawati,BAGI Rohanawati, Ketua RT 03 RW 04 Kelurahan Sukamerindu, tidak ada persoalan warga yang sukar untuk diatasi. Sebab, ia selalu mengutamakan aturan. Dalam menerapkan aturan-aturan yang ada, ia senantiasa bersikap tegas.

Perempuan yang menjabat sebagai Ketua RT sejak 1999 ini selalu mewanti-wanti apabila ada warganya yang membawa tamu tak dikenal untuk melapor kepadanya. Hal ini pun selalu ia sampaikan dalam setiap pertemuan seperti pengajian dan arisan. Hasilnya, sangat jarang perbuatan asusila terjadi dikawasannya. Meski kawasannya itu banyak dihuni oleh para pendatang yang indekos.

Meski bertindak tegas, namun bukan berarti Rohana tak dapat bersikap lemah lembut. Ia tak selalu membawa persoalan pidana kepada pihak yang berwajib bila masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Inilah yang membuat warga selalu menginginkan agar Ketua RT selalu dijabat olehnya.

Tak banyak yang dikeluhkan Rohana selama ia bekerja. Namun ia hanya berharap agar kepengurusan RT yang dahulu pernah terbentuk lengkap dengan perangkat bendahara dan sekretaris dapat kembali diaktifkan. ”Karena mereka sudah jarang aktif, jadinya kalau ada apa-apa langsung ketua RT yang turun tangan,\" katanya.

Meski ia beranggapan bahwa dalam menjalankan tugas-tugas RT itu sebenarnya masih bisa diselesaikannya sendiri, namun ia berharap keaktifan pengurus lainnya akan sangat membantu. \"Misalnya saat pembagian jatah raskin kalau ada anggota dari pengurus RT pekerjaan tersebut akan cepat selesai dan ringan jadinya. Akan tetapi saya dapat memakluminya karena mungkin pengurus yang sudah dibentuk itu ada pekerjaan lain yang lebih penting sementara untuk urusan RT ini sifatnya hanya kegiatan sosial,\" jelasnya.

Saat ini di Rohana memimpin 65 KK. Sejumlah sarana dan prasarananya dikawasannya dalam keadaan baik. \"Jalan sudah bagus. Saluran air berupa drainase siring juga lancar. Hanya sedikit kendala yaitu trotoar kita sudah banyak yang rusak dan berlubang. Jadi kalau jalan malam hari warga mesti hati-hati bisa-bisa masuk lubang nantinya,\" ujarnya.

Adapun harapan yang sering ia tempung dari warga adalah pembagian raskin agar dilakukan dengan baik dan tepat sasaran. Ia juga berharap pendidikan serta kesehatan yang berkualitas dan terjangkau dapat segera direalisasikan. (009)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: