Bank Bengkulu Catat Kinerja Cemerlang di Akhir Tahun 2024

Bank Bengkulu Catat Kinerja Cemerlang di Akhir Tahun 2024

Bank Bengkulu-(ist)-

BENGKULUEKSPRESS.COM Bank Bengkulu berhasil menutup tahun 2024 dengan kinerja keuangan yang sangat positif. Laba bersih setelah pajak tercatat mengalami peningkatan signifikan sebesar 20,96%, atau setara dengan Rp 17,38 miliar, sehingga total laba mencapai Rp 100,34 miliar dibandingkan dengan posisi Desember 2023.

Peningkatan ini didorong oleh pertumbuhan positif di berbagai indikator utama, termasuk total aset, Dana Pihak Ketiga (DPK), dan penyaluran kredit.

Direktur Utama Bank Bengkulu, Beni, menjelaskan bahwa berdasarkan audit dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Bambang Sudaryono & Rekan, kinerja perusahaan tercatat sangat baik di akhir 2024.

BACA JUGA:Mengenal Apa Itu Bisnis Syariah? Simak Definisi dan Contoh-contohnya

BACA JUGA:Mengenal Investasi Hijau, Potensi dan Contohnya

Beberapa pencapaian utama yang diraih oleh Bank Bengkulu secara year on year (YOY):

  • Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat 16,17%, mencapai Rp 8,20 triliun.
  • Total kredit tumbuh 16,17%, mencapai Rp 7,41 triliun.
  • Total aset naik 14,54%, dari Rp 9,04 triliun (2023) menjadi Rp 10,35 triliun (2024).
  • Rasio Kecukupan Modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) berada di angka 24,89%, menunjukkan permodalan yang kuat.

"Pencapaian ini merupakan hasil dari efisiensi operasional serta meningkatnya kepercayaan masyarakat dan mitra terhadap Bank Bengkulu," ujar Beni.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan shareholder dan sinergi Kelompok Usaha Bank (KUB) dengan Bank BJB. Kolaborasi ini mencakup:

  • Integrasi sistem IT dan digitalisasi layanan.
  • Penguatan produk perbankan syariah melalui Bank BJB Syariah.
  • Peningkatan kapasitas SDM dan kebijakan perbankan inovatif.
  • Kolaborasi bisnis dengan berbagai institusi, termasuk TNI, Polri, BUMN, serta lembaga negara lainnya.

BACA JUGA:Mata Uang Kripto Ini Diprediksi Akan Naik di Tahun 2025

BACA JUGA:Alasan Pentingnya Investasi Bagi Mahasiswa

Transformasi digital yang dijalankan Bank Bengkulu juga membuahkan hasil luar biasa:

  • Pengguna Mobile Banking meningkat 33,52%.
  • Transaksi Mobile Banking melonjak 162,61%.
  • Transaksi Debit naik 41,20%.
  • Transaksi Multibiller tumbuh 130,03%.
  • Merchant QRIS bertambah 733,25%, dengan utilisasi transaksi melonjak 781,94%.

"Kami akan terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan dan mempermudah akses masyarakat terhadap perbankan," tegas Beni.

Pada tahun 2025, Bank Bengkulu menargetkan peningkatan layanan dengan menghadirkan fitur-fitur baru seperti:

  • Cash Management System (CMS) untuk pengelolaan keuangan yang lebih efisien.
  • Super App yang mengintegrasikan berbagai layanan perbankan dalam satu aplikasi.
  • QRIS CPM & Tap NFC, Cardless, serta Acquirer, guna mempercepat transaksi digital.

Selain itu, sinergi dengan pemerintah daerah akan terus diperkuat guna mendukung Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: