148 Desa di Mukomuko Terima Rp118 Miliar, Penyaluran Dana Desa Rampung

148 Desa di Mukomuko Terima Rp118 Miliar, Penyaluran Dana Desa Rampung

Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Wagimin, S.Sos-(ist)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Penyaluran dana desa tahap dua di Kabupaten Mukomuko telah rampung 100 persen pada awal Oktober 2024. Sebanyak 148 desa di wilayah tersebut kini telah menerima dana desa untuk tahun ini, dengan total anggaran mencapai Rp118 miliar, yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Jumlah ini meningkat Rp1 miliar dibandingkan tahun sebelumnya, menandakan komitmen pemerintah pusat dalam mendukung pembangunan desa di daerah.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Wagimin, menyatakan bahwa setelah proses penyaluran selesai, desa-desa tersebut akan segera melaksanakan kegiatan fisik dan nonfisik yang telah direncanakan. 

“Penyaluran dana desa tahap dua sudah selesai 100 persen pada awal Oktober 2024. Saat ini, desa-desa sedang memulai pelaksanaan kegiatan sesuai rencana yang telah disusun,” ujar Wagimin, Kamis (23/10/2024).

Penyaluran dana desa tahun ini dilakukan dalam dua tahap sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 146 Tahun 2024. Sebanyak 148 desa yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Mukomuko menerima dana sesuai status masing-masing. 

BACA JUGA:Zamhari Resmi Ditetapkan sebagai Ketua DPRD Mukomuko, Pelantikan Serentak Pimpinan Dijadwalkan 28 Oktober

BACA JUGA:Menuju Smart City 2025, Kota Bengkulu Akan Tambah CCTV di Berbagai Titik

Desa dengan status mandiri menerima 60 persen dari dana desa pada tahap pertama dan 40 persen pada tahap kedua. Sementara itu, desa dengan status maju, berkembang, dan tertinggal menerima 40 persen di tahap pertama dan 60 persen di tahap kedua.

Wagimin menjelaskan bahwa model pembagian ini bertujuan untuk memberikan dukungan lebih besar kepada desa-desa yang masih berkembang dan tertinggal agar dapat mengejar ketertinggalan dalam pembangunan. 

“Dengan pembagian yang lebih besar pada tahap kedua untuk desa berkembang dan tertinggal, diharapkan pembangunan di desa-desa tersebut dapat lebih cepat diselesaikan,” katanya.

Selain dana desa, Alokasi Dana Desa (ADD) untuk 148 desa di Kabupaten Mukomuko juga terus disalurkan. Tahun 2024, ADD yang diterima Kabupaten Mukomuko mencapai Rp 65 miliar, dengan 74 persen dari dana tersebut dibagi rata ke seluruh desa. 

BACA JUGA:Begini Cara Mengeluarkan Kapas dari Telinga yang Aman dan Mudah!

BACA JUGA:Spicy Moods, Usaha Kuliner Rumahan yang Tawarkan Beragam Makanan Lezat dan Terjangkau

Sebanyak 84 desa telah mengajukan penyaluran ADD tahap ketiga sebesar 20 persen, dengan 71 desa sudah mengajukan berkas ke Badan Keuangan Daerah (BKD), sementara 13 desa lainnya masih dalam proses.

“Penyaluran ADD dibagi menjadi tiga tahap, dengan 40 persen pada tahap pertama dan kedua, serta 20 persen pada tahap ketiga. Kami berharap semua desa dapat menyelesaikan proses pengajuan sehingga ADD bisa disalurkan tepat waktu,” tambah Wagimin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: