7 Bahan Alami Menghilangkan Gatal pada Kulit dan Cara Menggunakannya

7 Bahan Alami Menghilangkan Gatal pada Kulit dan Cara Menggunakannya

Bahan alami menghilangkan kulit gatal dan cara menggunakannya -freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gatal pada kulit atau yang dikenal sebagai pruritus adalah kondisi yang sering dialami oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Gatal bisa muncul secara tiba-tiba dan disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kulit kering, alergi, gigitan serangga, infeksi, atau penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. 

Ketika gatal muncul, dorongan untuk menggaruk sering kali sulit ditahan. Namun, menggaruk secara berlebihan justru bisa memperparah kondisi kulit, menyebabkan luka, dan berpotensi menimbulkan infeksi.

Pengobatan modern menawarkan berbagai solusi, mulai dari salep hingga antihistamin, tetapi banyak orang memilih untuk mencari cara alami yang lebih lembut pada kulit dan bebas dari bahan kimia. 

BACA JUGA:Mitos dan Fakta Seputar Gunting Rambut yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Dapat Mengecilkan Pori-Pori, Kenali 7 Manfaat Timun Beku Untuk Kulit Wajah

Menggunakan bahan alami tidak hanya membantu meredakan gatal, tetapi juga sering kali memberi manfaat tambahan seperti melembapkan kulit atau mengurangi peradangan. 

Oleh karena itu, mengetahui dan memahami cara-cara alami untuk menghilangkan gatal pada kulit sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah iritasi lebih lanjut.

Cara Alami Menghilangkan Gatal pada Kulit

1. Kompres Dingin

Kompres dingin atau es batu adalah salah satu solusi termudah untuk meredakan gatal karena membantu mematikan sensasi gatal sementara.

Cara menggunakan: Bungkus beberapa es batu dalam kain bersih dan kompreskan pada area kulit yang gatal selama 10-15 menit. Hindari menempelkan es langsung ke kulit untuk mencegah iritasi.

BACA JUGA:Ini Dia Waktu Terbaik untuk Melakukan Meditasi

BACA JUGA:Pikir-pikir Lagi Sebelum Curhat di Media Sosial!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: