Kenali 10 Penyebab Mengapa Bekas Jerawat Sulit Dihilangkan

Kenali 10 Penyebab Mengapa Bekas Jerawat Sulit Dihilangkan

Penyebab bekas jerawat sulit dihilangkan -Pinterest-

Paparan sinar matahari yang berlebihan pada bekas jerawat dapat memperburuk hiperpigmentasi. Sinar UV meningkatkan produksi melanin di kulit, yang membuat bekas jerawat semakin gelap dan sulit memudar. 

BACA JUGA:Terlalu Sensitif dan Bawa Perasaan, 10 Alasan Mengapa Orang Tidak Suka Gen Z

BACA JUGA:Ini 8 Bahaya Jika Suka Membandingkan Anak dengan Orang Lain

Oleh karena itu, menggunakan tabir surya adalah langkah penting dalam perawatan bekas jerawat untuk mencegah perubahan warna yang lebih parah.

9. Kondisi Kulit Tertentu

Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk menghasilkan bekas luka yang lebih jelas. 

Kulit yang cenderung bereaksi berlebihan terhadap trauma atau memiliki tingkat regenerasi kolagen yang tidak merata lebih rentan terhadap pembentukan bekas jerawat yang parah. 

Faktor seperti rosacea atau dermatitis juga dapat memperlambat penyembuhan jerawat dan meningkatkan risiko terbentuknya bekas.

BACA JUGA:Tips Cara Ampuh Mencegah Kesemutan Saat Olahraga

BACA JUGA:Ini 8 Bahaya Jika Suka Membandingkan Anak dengan Orang Lain

10. Faktor Usia dan Hormon

Ketidakseimbangan hormon, terutama pada masa remaja atau menjelang menopause, dapat meningkatkan produksi minyak dan memperparah kondisi jerawat. 

Selain itu, seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitas dan kemampuan untuk memperbaiki diri, yang membuat bekas jerawat lebih sulit hilang dibandingkan ketika seseorang masih muda.

Itulah beberapa penyebab mengapa bekas jerawat yang sulit hilang. Dengan memahami penyebabnya, kita dapat lebih memahami pentingnya mencegah jerawat sejak dini serta menggunakan perawatan yang tepat untuk mengurangi risiko terbentuknya bekas jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: