BPS Catat Deflasi 0,17% di Kota Bengkulu pada September 2024

BPS Catat Deflasi 0,17% di Kota Bengkulu pada September 2024

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu kembali merilis Indeks Harga Konsumen (IHK) / Inflasi September 2024. -foto: istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu merilis data terbaru mengenai Indeks Harga Konsumen (IHK) untuk September 2024. Dalam rilis tersebut, Kota Bengkulu mengalami inflasi year on year (y-o-y) sebesar 1,84 persen, dengan IHK mencapai 105,90, naik dari Agustus 2023 yang sebesar 103,99.

Rilis ini disampaikan oleh Kepala BPS Kota Bengkulu, Marwansyah, dalam acara yang dihadiri oleh Asisten III Kota Bengkulu, Tony Elfian, serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Menurut Marwansyah, inflasi ini disebabkan oleh kenaikan harga di beberapa kelompok pengeluaran, terutama makanan, minuman, dan tembakau yang naik 3,24 persen, serta perawatan pribadi yang naik signifikan sebesar 6,53 persen.

Namun, secara month to month (m-to-m), Kota Bengkulu mencatat deflasi sebesar 0,17 persen. Penurunan ini dipicu oleh deflasi pada kelompok perlengkapan rumah tangga sebesar 1,02 persen dan kelompok informasi, komunikasi, serta jasa keuangan sebesar 0,51 persen.

BACA JUGA:Kenaikan Harga Beras Jadi Sorotan, BPS Bengkulu Ungkap Data Terbaru

BACA JUGA:Peluang PPPK Pemkot Bengkulu Dibuka, CPNS Tak Lolos Dilarang Daftar

Marwansyah juga menambahkan bahwa inflasi year on year (y-o-y) pada September 2024 lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu 2,40 persen pada September 2023 dan 6,71 persen pada September 2022.

Kelompok pengeluaran makanan, minuman, dan tembakau menyumbang inflasi terbesar sebesar 0,91 persen, sementara kelompok transportasi memberikan kontribusi 0,14 persen. Di sisi lain, deflasi tercatat pada kelompok perlengkapan rumah tangga sebesar 0,04 persen dan jasa komunikasi serta keuangan sebesar 0,03 persen.

Acara rilis BRS ini dihadiri pula oleh Dinas Kominfo, Bappeda, DPMPTSP, serta beberapa OPD lainnya yang turut mendukung rilis informasi penting terkait inflasi di Kota Bengkulu.(adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: