Ampas Teh Bisa Redakan Kantong Mata Panda!

Ampas Teh Bisa Redakan Kantong Mata Panda!

Pada dasarnya, manfaat ampas teh untuk wajah dapat dirasakan saat kamu memilih teh yang tepat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tiap pagi suka minum teh hangat? Teh adalah salah satu minuman yang kerap dihidangkan saat bersantai pagi atau sore hari. Segelas teh dapat membuat harimu semakin hangat dan bersemangat. Tidak hanya seduhan tehnya saja yang mampu membuat kamu lebih sehat, ternyata ampas teh juga menyimpan segudang manfaat, khususnya untuk wajah. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah wajah, yuk coba kulit apa saja manfaat ampas teh untuk wajah.

BACA JUGA:Buah Cranberry Berkhasiat untuk Ibu Hamil hingga Kesehatan Miss V

Manfaat ampas teh untuk wajah
Ternyata masalah wajah seperti kulit kusam, kotor dan berjerawat bisa diatasi dengan ampas teh. Bahkan, sejak dulu, manfaat ampas teh untuk wajah sudah banyak digunakan. Nah, apa saja manfaat ampas teh untuk wajah? Berikut ini daftar manfaatnya.

1. Mengempeskan kantong mata
Ampas teh sangat bermanfaat untuk kamu yang sering mengalami mata panda dan lingkaran hitam. Kandungan kafein dalam teh dapat mengecilkan pembuluh darah yang terdapat di bawah mata. Pembuluh ini dapat menyebabkan mata bengkak dan membentuk kantong mata. Tanin dalam teh mengencengkan dan menghilangkan kantong mata.

2. Mengatasi jerawat
Jerawat terjadi karena terdapat kotoran atau sebum pada wajah yang menyumbat pori-pori. Dalam sebuah riset Jurnal Antioxidants, teh mengandung polifenol yang dapat mengurangi produksi minyak di kulit sehingga tidak menyumbat dan menyebabkan jerawat pada kulit. Ampas teh juga diketahui mempunyai kandungan antimikroba, antioksidan dan anti radang sehingga dapat meredakan jerawat aktif, mengempeskan dan menghilangkan masalah wajah ini.

BACA JUGA:Begini Cara Efektif Menghilangkan Selulit

3. Meredakan iritasi dan kulit kemerahan
Ampas teh dapat meredakan berbagai pembengkakan, iritasi dan kemerahan yang kerap terjadi pada kulit wajah. Potensi manfaat ampas seperti ampas teh hijau dapat menghindari berbagai penyakit kulit seperti dermatitis hingga psoriasis. Teh dapat dipakai dan ditempelkan pada area yang bermasalah apabila terdapat reaksi negatif pada kulit.

4. Membantu kulit tampak lebih muda
Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Kandungan ini dapat meremajakan sel kulit sehingga membuat kulit tampak lebih muda. EGCC dapat melawan berbagai tanda penuaan seperti kulit kusam, kasar, keriput dan membuat kulit lebih kencang engan kandungan vitamin e untuk menjafa kadar kolegen kulit wajah.

5. Mencerahkan warna kulit
Kulit yang menjadi gelap karena paparan sinar matahari dapat lebih cerah dengan penggunaan ampas teh secara rutin. Ampas teh dapat digosokkan secara perlahan pada bagian wajah dan bilas hingga bersih. Ampas teh juga dapat mencerahkan warna kulit dan dapat meratakannya dengan penggunaan rutin dna teratur.

BACA JUGA:Tokoh Adat Bengkulu Dukung Penuh Paslon Disuka

6. Meringankan mata merah
Menempelkan ampas atau kantong teh pada mata dapat membantu meringankan mata merah. Mata sering kemerahan karena iritasi dan rutin menempelkan kantong teh diketahui  dapat meringankan iritasi yang kerap dialami mata.

7. Menyingkirkan sel kulit mati
Sel kulit mati pada wajah dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kulit wajah kusam, jerawat, flek hitam hingga penuaan. Ampas teh dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati dan mempercepat sel kulit baru sehingga kulit menjadi lebih sehat dan terbebas dari berbagai masalah wajah.

8. Digunakan sebagai toner dan pembersih wajah
Ampas teh ternyata dapat digunakan sebagai pengganti jenis skin care toner dan pembersih wajah kamu, lhoo. Ampas teh dapat bermanfaat sebagai pembersih kotoran yang menyumbat pori, menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga dapat digunakan sebagai toner dan pembersih alami wajah.

BACA JUGA:Keran Rezeki Dijamin Mengalir Deras, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Baca Surah Ini di Sholat 4 Rakaat Ini

9. Menenangkan kulit pasca cukur
Kulit wajah terasa gatal dan kemerahan setelah bercukur? Cobalah tempelkan kantong teh hitam di bagian bekas cukur baik pada wajah atau anggota badan lain. Kandungan tanin dalam ampas teh dapat bekerja dengan baik menenangkan bagian kulit yang luka atau kemerahan akibat cukur.

10. Pelembab bibir dan kulit kering
Bibir dan kulit yang kering dapat kembali terhidrasi dengan menggunakan ampas teh. Coba pakai ampas teh dan tempelkan pada kulit atau bibir yang terasa kering dan mengelupas. Dengan pemakaian rutin, maka bibir dan kulit akan kembali lembab dan dingin karena ampas teh dapat digunakan sebagai moisturizer alami.

Kandungan ampas teh yang bermanfaat
Pada dasarnya, manfaat ampas teh untuk wajah dapat dirasakan saat kamu memilih teh yang tepat. Teh mempunyai bermacam jenisnya dan manfaatnya pun bisa berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Varietas teh yang berbeda juga dapat memiliki potensi manfaat kesehatan yang berbeda. Terdapat beberapa varietas teh dengan kandungan:

BACA JUGA:Mudah, Ini Cara Membuat Pupuk Cair dari Jantung Pisang

1. Antioksidan
Zat dalam teh ini dapat membantu kerusakan yang disebabkan oleh sel molekul radikal bebas. Senyawa yang berperan yaitu katekin, polifenol, flavonoid yang dapat mengurangi risiko akan penyakit tertentu.

2. Kafein
Teh alami mengandung kafein yang dapat menjadi kelebihan dan kekurangan. Kafein dalam satu sisi dapat membantu tetap waspada dan terjaga, namun terlalu banyak juga dapat menyebabkan sakit kepala dan masalah tidur.

3. Hidrasi
Teh merupakan tanaman air yang kaya akan kandungan air sehingga dapat menghidrasi dan menghindari kulit kering.

Apakah semua jenis teh celup atau ampas teh dapat digunakan untuk masker wajah?
Jenis teh yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai masalah dan kebutuhan wajah, antara lain:
- Teh hijau
- Teh hitam
- Rooibos
- Chamomile
- Lavender
- Calendula
- Fennel
- Fenugreek
Berbagai macam teh ini dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah secara langsung sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA:Ingin Harta Digandakan Malaikat Sore, Gus Baha Bagikan Amalannya

Cara menggunakan ampas teh untuk wajah
Manfaat ampas teh untuk wajah tentunya akan maksimal jika digunakan dengan benar dan tepat. Berikut ini berbagai cara untuk menggunakan ampas teh sebagai perawatan wajah di rumah.

1. Masker teh celup
Membuat masker alami dari teh celup sangat mudah dna tidak membutuhkan waktu yang banyak, berikut caranya:
- Seduh teh celup dalam air panas
- Peras cairan dari kantong teh celup
- Tunggu sampai kantong teh menurun suhunya hingga mencapai suhu ruangan
- Simpam kantong dalam lemari es
- Tempelkan kanting pada kelompak mata atau area kulit lain yang ingin dirawat
- Biarkan selama 10-15 menit
- Lakukan rutin dan sering

BACA JUGA:Mudah, Ini Cara Membuat Pupuk Cair dari Jantung Pisang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: