Waspada, Inilah 10 Bahaya Asam Lambung Jika Diabaikan

Waspada, Inilah 10 Bahaya Asam Lambung Jika Diabaikan

Bahaya asam lambung jika diabaikan -Pinterest-

3. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

GERD adalah kondisi kronis di mana asam lambung secara terus-menerus naik ke esofagus. Selain menyebabkan rasa terbakar di dada, GERD dapat memicu berbagai komplikasi serius, seperti penyempitan esofagus (striktur), masalah pernapasan, dan bahkan risiko kanker esofagus. 

GERD yang tidak ditangani juga dapat mengganggu kualitas hidup seseorang karena menyebabkan ketidaknyamanan yang berkepanjangan.

4. Kerusakan Gigi dan Mulut

Asam lambung yang naik ke mulut bisa menyebabkan kerusakan pada enamel gigi. Paparan asam yang berulang dapat mengikis lapisan luar gigi, menyebabkan gigi menjadi sensitif, rapuh, dan mudah berlubang.

Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, karena asam lambung yang naik membawa bau dari perut.

BACA JUGA:Agar Bebas Penyakit Begini Langkah Cuci Tangan Yang Benar

BACA JUGA:Cara Ampuh Menghilangkan Sakit Tenggorokan, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

5. Batuk Kronis dan Masalah Pernapasan

Asam lambung yang naik ke tenggorokan atau paru-paru bisa menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. 

Ini dapat memicu batuk kronis, radang tenggorokan, suara serak, dan bahkan asma atau bronkitis. Pada beberapa kasus, penderita GERD juga mengalami sesak napas akibat naiknya asam lambung ke saluran napas.

6. Barrett's Esophagus

Barrett's esophagus adalah kondisi di mana lapisan sel di esofagus berubah akibat paparan asam lambung yang terus-menerus. Perubahan ini meningkatkan risiko terkena kanker esofagus. 

Meskipun Barrett’s esophagus jarang terjadi, ia dianggap sebagai kondisi prapenyakit kanker dan memerlukan pemantauan serta pengobatan medis.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Ciri dan Tanda Jika Bayi Alergi Pada Sabun Mandi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: