7.517 Warga Terima BLT

7.517 Warga Terima BLT

KOTA BINTUHAN, BE- Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun ini akan kembali hadir untuk membantu masyarakat Kaur, namun program tersebut bukan lagi BLT namun diberi istilah Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk Kabupaten Kaur bantuan langsung PKH ini sebanyak 7.517 warga tersebar di 15 kecamatan, besaranya bantuan tunai PKH dibagi dengan kriteria yakni mulai Rp 600 ribu-Rp 2,2 juta. Namun siapa yang akan mendapatkan BLT ini, saat ini masih dalam pendataan.

\"Bantuan program keluarga harapan (PKH) atau BLT ini  dari Kementerian Sosial (Kemensos). Bantuan dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup kaum yang tidak mampu, bantuan itu langsung berupa uang yang diberikan kepada masyarakat miskin,\" ujar Kadisosnakertran Kaur Drs Edi Suardi B melalui Kabid PKPBajamsos Sasmuarsa SE, kemarin.

Dikatakanya, bantuan PKH ini mempunyai kelebihan dibanding  BLT yang dahulu. Jika BLT hanya khusus bagi orang tidak mampu, namun PKH ini bukan dilihat dari kemiskinanya tapi juga akan diberikan kepada keluarga yang khususnya memiliki anak-anak, baik balita, atau ibu hamil yang sudah mengenyam pendidikan. \"Jadi bantuan itu sudah memang ada kreterianya jika dalam satu rumah ada yang hamil, mengenyam pendidikan dan golongan miskin maka bantuan itu Rp 2,2 juta. Jika dalam satu rumah itu hanya ditemukan mengenyam pendidikan saja, maka bantuan yang akan diberikan Rp 600 ribu,\" jelasnya.

Namun demikian, kata Sas, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis soal kreteria dan penggolongan masyarakat mana yang mendapatkan Rp 600 ribu hingga Rp 2,2 juta. Saat ini pihaknya hanya menerima program PKH ini secara global, sedangkan putunjuk masih menunggu dari Kemensos. \"Untuk mengetahui kreterianya kita masih menunggu tim pendamping yang ditunjuk oleh pusat.  Jika sudah turun maka kita akan mengetahuinya. Kemudian Pencairan dana tersebut nantinya yang bisa langsung diambil di kantor pos. Sehingga diharapkan dapat meringankan kebutuhan hidup masyarakat kurang mampu,\" jelasnya.

Sementara itu, dari 7.517 warga yang mendapatkan bantuan tunai PKH tersebut tersebar di 8 kecamatan. Dengan rincian untuk kecamatan Nasal sebanyak 1.784 warga, Maje 1.411 warga, kecamatan Muara Sahung sebanyak 929 warga, kecamatan Kinal sebanyak 605 warga, kecamatan Padang Guci Hulu sebanyak 663 warga, Kecamatan Kelam tengah sebanyak 592 warga dan Kecamatan Tanjung Kemuning sebanyak 967 warga.  \"Dari sebanyak warga itu kini sudah masuk ke Kemesos, namun setiap warga nantinya akan mendapatkan bantuan tunai berbeda-beda, karena dilihat dari kreteria kebutuhanya,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: