Ini Dia 10 Penyebab Bulu Anjing Rontok

Ini Dia 10 Penyebab Bulu Anjing Rontok

Penyebab kerontokan bulu anjing -Pinterest-

BACA JUGA:Teh Pelangsing Tubuh! Kandungan dan Efek Sampingnya

5. Masalah hormonal

Masalah tiroid, adrenal, atau gangguan hormonal lainnya dapat menyebabkan kerontokan rambut yang tidak normal. Beberapa kondisi hormonal yang umum pada anjing meliputi:

Hipotiroidisme: Ini adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid, sehingga menyebabkan kulit kering dan rambut rontok di area tertentu seperti punggung, ekor, atau paha.

Sindrom Cushing: Penyakit ini disebabkan oleh kelebihan produksi hormon kortisol. Gejalanya berupa rambut rontok, kulit menipis, perut buncit, serta minum dan buang air kecil lebih banyak dari biasanya.

6. Kekurangan nutrisi

Asupan nutrisi yang tidak seimbang juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan bulu anjing Anda. Pola makan rendah protein, asam lemak esensial, vitamin dan mineral dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh, kusam dan rontok.

Defisiensi asam lemak Omega-3 dan Omega-6: Asam lemak ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu. Kekurangan dapat menyebabkan kulit kering, gatal, dan rambut rontok.

BACA JUGA:Gelombang Panas Makin Ganas! Ini Pengaruhnya Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Ini Dia 6 Jenis Bra Remaja Yang Sudah Mengalami Pubertas

Kekurangan protein: Protein adalah komponen dasar untuk pertumbuhan dan pemeliharaan rambut. Kekurangan protein dalam makanan bisa menyebabkan rambut melemah dan mudah rontok.

7. Stres dan kecemasan

Anjing yang stres atau cemas dapat kehilangan banyak bulu. Stres dapat disebabkan oleh perubahan lingkungan, kebosanan, perpisahan dengan pemilik, atau pengalaman traumatis.

Perawatan berlebihan: Anjing yang cemas cenderung menjilat atau mencakar secara berlebihan, yang pada akhirnya menyebabkan kerontokan bulu.

8. Efek samping pengobatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: