Ketahui 10 Penyebab dan Gejala Bulu Kucing Rontok Parah

Ketahui 10 Penyebab dan Gejala Bulu Kucing Rontok Parah

Penyebab bulu kucing rontok parah -Pinterest-

Kutu dan parasit eksternal merupakan salah satu biang kerok bulu kucing rontok di bagian tertentu, terutama pada punggung bawah dan ekor kucing. 

Kerontokan ini terjadi akibat air liur kutu. Bagian yang botak akibat kerontokan bisa bervariasi, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar.

3. Stres atau Kecemasan

Stres yang disebabkan oleh perubahan lingkungan, kedatangan anggota keluarga baru, atau ketidaknyamanan umum dapat menyebabkan kucing mengembangkan kebiasaan buruk seperti menjilat atau menggigit bulu mereka.

Gejalanya dapat ditandai dengan bulu yang rontok di area tertentu, sering menjilat atau menggigit, dan perubahan perilaku seperti agresi atau penarikan diri.

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Kambing Air, Penjaga Kestabilan Karir

BACA JUGA:Ini Manfaat Mandi Susu bagi Kesehatan Kulit dan Cara Membuatnya!

4. Pola makan yang buruk

Pola makan yang buruk juga bisa menjadi faktor penyebab bulu kucing rontok. Terdapat beberapa makanan yang menyebabkan bulu kucing rontok, misalnya makanan-makanan yang tidak mengandung cukup nutrisi, vitamin, dan mineral.

Jadi, jika kucing sering mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral, sangat mungkin bulu kucing akan rontok.

5. Pemeliharaan yang Tidak Tepat

Tak hanya pola makan yang butuk, kurangnya perawatan bulu, seperti grooming yang tidak memadai, bisa menyebabkan bulu kusut, kotor, dan akhirnya rontok. Bulu yang terlalu kotor atau kusut juga dapat menyebabkan iritasi kulit.

Anda dapat mengetahui gejalanya apabila bulu kucing tampak kusut, kotor, atau tidak terawat dengan baik, dan kadang-kadang disertai dengan bau tidak sedap.

BACA JUGA:Rutin Minum Teh Bisa Cegah Penyakit Jantung Lho!

BACA JUGA:Kesal Daki membandel? Ini Cara Efektif Menghilangkan Daki di Leher!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: