Cara Mengetahui Pupuk Organik Padat yang Baik dan Berkualitas, Berikut Ciri-cirinya

Cara Mengetahui Pupuk Organik Padat yang Baik dan Berkualitas, Berikut Ciri-cirinya

Cara Mengetahui Pupuk Organik Padat yang Baik dan Berkualitas-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Pupuk organik padat memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan tanaman, kesuburan tanah, dan menjaga keseimbangan lingkungan. 

Namun, tidak semua pupuk organik padat memiliki kualitas yang sama. Untuk memastikan Anda menggunakan pupuk yang baik dan berkualitas, ada beberapa ciri yang bisa Anda perhatikan:

Ciri-ciri Pupuk Organik Padat yang Baik:

BACA JUGA:Penggunaan Pupuk Organik Padat, Ini 5 Khasiatnya Bagi Tanaman

BACA JUGA:Manfaat Pupuk Organik Cair, Simak Selengkapnya

1. Aroma dan Bau:

Pupuk organik padat yang baik memiliki aroma mirip dengan tanah segar. Ini menunjukkan bahwa proses fermentasi aerobik telah berjalan dengan baik, menghasilkan pupuk yang matang dan siap digunakan.

2. Warna Pupuk:

Warna pupuk yang baik biasanya kehitaman, mirip dengan warna humus. Warna ini menandakan bahwa bahan organik dalam pupuk telah terurai dengan sempurna selama proses fermentasi.

3. Suhu Pupuk:

Pupuk yang berkualitas memiliki suhu yang rendah dan stabil, biasanya terasa dingin saat disentuh. Ini menandakan bahwa proses dekomposisi sudah selesai, dan pupuk siap digunakan tanpa risiko pembakaran tanaman.

4. Tekstur Pupuk:

Pupuk organik padat yang baik mudah menggumpal, tetapi juga mudah terurai kembali. Tekstur ini menunjukkan bahwa pupuk memiliki kandungan bahan organik yang tinggi dan baik untuk struktur tanah.

5. Reaksi terhadap Bibit atau Biji:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: