Pupuk Subsidi Tak Merata

Pupuk Subsidi Tak Merata

\"ilustrasiKOTA BINTUHAN,BE- Kuota pupuk bersubsidi untuk setiap kecamatan di Kabupaten Kaur sudah ditetapkan. Penetapan alokasi pupuk ini berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 5 Tahun 2013 tentang kebutuhan pupuk bersubsidi di Kabupaten Kaur. Alokasi pupuk urea bersubsidi per kecamatan paling tinggi diterima Kecamatan Kinal yakni sebanyak 158,26 ton, karena kinal merupakan hamparan sawah terluas dibanding kecamatan lainya.

Sementara alokasi pupuk paling kecil diterima oleh Kecamatan Lungkang Kule dengan alokasi sebanyak 59,29 ton. \"Penetapan ini sesuai dengan hamparan sawah, kemudian kita cocokan dengan kebutuhan pupuk tersebut,\" ujar Kadis Pertanian dan Perterkan Asmawan SSos didampingi Kabid Sarana dan Prasaran Pertanian Endy Yurizal SP, kemarin.

Dikatakanya, sesuai kuota pupuk urea bersubsidi bagi Kabupaten Kaur sebanyak 1.700 ton. Pihaknya mengusulkan ke Bupati Kaur sesuai dengan kebutuhan bagi masing-masing kecamatan sehingga menjadi dasar bagi Bupati Kaur untuk menerbitkan Perbup kuota pupuk bersubsidi bagi setiap kecamatan.

\"Perbup kuota pupuk bersubsidi yang terbit berdasarkan kebutuhan pupuk disetiap kecamatan, makanya kita mengupayakan memberikan pupuk sesuai dengan jumlah luas sawah, terkadang sawah luas tapi kebutuhan pupuk kurang, saat ini sudah kita tetapkan dengan baik,\" jelasnya.

Seperti mengacu tahun lalu, kata Asmawan, jatah pupuk bersubsidi khususnya urea dan SP-36 untuk tahun 2013 di Kabupaten Kaur menurun dibandingkan pada tahun 2012. Untuk Urea  Kabupaten Kaur hanya mendapat jatah sebesar 1700 ton. Jumlah ini turun dibandingkan dengan tahun 2012 yang lalu sebesar 1.800 ton. Pupuk SP-36 di Kaur juga turun dari 548 ton menjadi 241 ton.

Sedangkan untuk tiga jenis pupuk lainnya di tahun 2013 ini Kaur mendapatkan kenaikan. \"Untuk pupuk  ZA yang tahun 2012 yang lalu jatah Kaur 84 ton saat ini naik menjadi 154 ton. Selain ZA, pupuk NPK juga mengalami kenaikan dari 988 ton di tahun 2012 naik menjadi 1.134 ton di tahun ini. Dan yang terakhir adalah pupuk organik yang juga mengalami kenaikan dari 130 ton saat ini menjadi 319 ton di tahun 2013 ini,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: