Miliki Ragam Nutrisi dan Omega-3, Berikut 5 Manfaat Kulit Ikan untuk Kesehatan

Miliki Ragam Nutrisi dan Omega-3, Berikut 5 Manfaat Kulit Ikan untuk Kesehatan

Manfaat kulit ikan untuk kesehatan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain bagian dagingnya, saat ini, banyak hidangan yang menggunakan kulit ikan sebagai bahan dasar olahan makanan yang nikmat dan juga memberikan sejumlah manfaat. 

Kulit ikan seringkali diabaikan dan dianggap sebagai limbah dalam proses pengolahan ikan. Padahal, kulit ini memiliki potensi nutrisi dan manfaat kesehatan yang tidak boleh diabaikan. 

Kulit ikan kaya akan berbagai komponen penting yang dapat mendukung kesehatan tubuh, berkat kandungan nutrisi dan senyawa bioaktif yang terkandung di dalamnya.

Bahkan, kadar nutrisi dalam kulit ikan tak kalah tinggi dengan bagian dagingnya. Kira-kira, apa saja sih, manfaat kulit ikan? Berikut telah kumparan rangkum ulasan selengkapnya:

BACA JUGA:Rimpang-rimpang Ini Ampuh Mengatasi Penyakit Kulit, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

BACA JUGA:Simak 7 Arti Medis Telapak Tangan yang Suka Gatal

1. Menjaga kesehatan jantung dan memperbaiki sel dalam tubuh 

Berbagai jenis ikan mengandung omega-3, yaitu lemak tak jenuh tunggal yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan perbaikan sel, serta mengurangi peradangan.

Meski sebagian besar kandungan nutrisi terdapat pada daging ikan, namun kulit ikan juga mengandung kadar omega-3 yang sangat baik.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Menurut laporan Healthline, mengonsumsi kulit ikan dapat meningkatkan kesehatan kulit. Pasalnya, kulit ikan mengandung kolagen dan vitamin E yang berkontribusi terhadap kesehatan kulit.

Kolagen pada dasarnya adalah protein yang terdapat di seluruh bagian dan jenis ikan, pada tulang, daging, dan kulit. Di sisi lain, kandungan vitamin E seringkali lebih banyak ditemukan pada ikan berminyak, seperti salmon.

BACA JUGA:Tidak Perlu Diragukan Lagi, Inilah 10 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan

BACA JUGA:Tips Sehat dari dr Zaidul Akbar, Rutinkan 3 Ini Setiap Bulannya, Ini Waktu Terbaik Melakukannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: