Jadi Gejala Penyakit Serius, Kenali 4 Penyebab Kejang pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Jadi Gejala Penyakit Serius, Kenali 4 Penyebab Kejang pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Penyebab kejang pada anak -Pinterest -

Selain demam, epilepsi pada anak bisa menjadi penyebab kejang. Sekiranya 30% anak yang didiagnosis menderita epilepsi akan terus mengalami kekambuhan kejang hingga dewasa. 

Namun pada sebagian lainnya, kejang bisa membaik seiring berjalannya waktu. Kejang yang disebabkan oleh epilepsi umumnya memiliki pola dan gejala yang sama setiap kejang terjadi. 

Kejang pada anak dengan epilepsi biasanya terpicu saat anak kurang tidur, stres, sedang sakit atau demam, melewati jam makan, makan berlebihan, atau terkena kilatan cahaya yang terlalu terang.

3. Meningitis

Epilepsi menjadi salah satu penyebab kejang yang serius. Selain itu, pada kasus yang serius, kejang pada anak bisa disebabkan oleh meningitis atau peradangan pada selaput otak. 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Bahan Alami Obati Bisul agar Cepat Kempes dan Mengering

BACA JUGA:Rutin Jadi Pendonor? Ini Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Meningitis pada anak tidak hanya ditandai dengan gejala kejang, tapi juga dengan gejala lain, seperti demam, rewel, sakit kepala, hingga ruam kulit.

Sementara itu, meningitis pada bayi bisa ditandai dengan beberapa gejala lain, seperti muntah, bayi kuning, sering mengantuk atau sulit untuk dibangunkan, nafsu makan menurun atau menolak untuk menyusu, lesu, dan tidak menanggapi saat diajak berinteraksi.

4. Cedera kepala

Cedera kepala bisa menjadi salah satu penyebab kejang, terutama jika cedera tersebut mengakibatkan trauma otak. Kejang pada anak yang disebabkan oleh cedera kepala umumnya muncul pada minggu pertama setelah cedera kepala terjadi. 

Namun, kejang juga bisa muncul setelah lebih dari seminggu dan seterusnya apabila cedera menyebabkan kerusakan permanen pada otak.

BACA JUGA:Ragu dengan Obat-obat Apotek? Berikut Bahan Alami Panu yang Ampuh Obati Panu

Itulah penyebab kejang pada anak. Saat anak mengalami kejang karena salah satu penyebab yang ada di atas kamy tidak perlu panik. Bersikaplah tenang agar Anda dapat memberikan pertolongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: