Pembangunan SPAM KOBEMA di 7 Titik, Tak Ada Ganti Rugi ke Warga

Pembangunan SPAM KOBEMA di 7 Titik, Tak Ada Ganti Rugi ke Warga

Pembangunan SPAM KOBEMA di Kota Bengkulu-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pembangunan sistem penyedia air minum Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Seluma (SPAM KOBEMA) yang dilaksanakan pemerintah kota sudah dimulai. 

Pemkot membangun tujuh titik pipa Spam melanjutkan pipa yang sudah dibangun pemerintah provinsi. 

Tujuh titik pembangunan yakni dua titik menggunakan dana lokasi khusus (DAK) sebesar Rp15 miliar di dua kawasan, Simpang Air Sebakul dan Nakau. 

Sedangkan lima titik dibangun menggunakan dana lokasi umum (DAU) sebesar Rp15 miliar untuk di kawasan Pemaatang Gubernur, Sumber Jaya, Aru Jajar, sekitaran Kecamatan Selebar, Kampung Melayu, dan sekitaran Kecamatan Gading Cempaka.

BACA JUGA:Brigjen Anwar Resmi Jabat Kapolda Bengkulu, Disambut Tari Sekapur Sirih

"Pembangunan pipa yang akan dilakukan pemerintah kota ini sepanjang belasan kilometer. Menggunakan dana DAK dan DAU. Pengerjaan ini menyambung pada pipa yang sebelumnya sudah dipasang oleh pemerintah provinsi. Sistem pengaliran SPAm KOBEMA ini menggunakan sistem gravitasi, jadi tidak pakai pompa lagi," jelas Toma Iwan, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota. 

Sementara itu sebagai lanjutan penyambungan pipa yang sudah dipasang pemerintah provinsi, pembangunan pipa pemerintah kota akan menyasar kawasan perumahan warga dan ukuran pipa yang akan dibangun lebih kecil dari pipa yang dibangun pemerintah provinsi. 

Dinas PUPR memastikan pembangunan pipas SPAM KOBEMA Pemkot tidak akan mengganggu area milik masyarakat karena pipa ini dibangun diatas lahan jalan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: