Ini Dia 8 Manfaat Sari Kacang Hijau yang Sayang Dilewatkan

Ini Dia 8 Manfaat Sari Kacang Hijau yang Sayang Dilewatkan

Kacang hijau merupakan salah satu biji-bijian dengan beragam nutrisi yang dapat diolah menjadi berbagai olahan salah satunya adalah minuman sari kacang hijau.-Adv-

Manfaat sari kacang hijau terkenal dapat mencegah anemia. Kondisi ini terjadi saat tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi, folat, atau vitamin B12. Nah, sari kacang hijau bisa dijadikan sebagai minuman penambah darah karena mengandung banyak zat besi dan folat yang berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah.

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan Jantung, Ketahui Beragam Manfaat Brokoli yang Sayang Dilewatkan

3. Menekan rasa lapar

Salah satu manfaat kacang hijau yakni dapat menunda rasa lapar. Hal ini diperoleh kandungan serat dan protein di dalamnya yang dapat menekan hormon rasa lapar, seperti ghrelin, sekaligus mendorong pelepasan hormon yang membuat perut terasa kenyang, contohnya peptida YY dan cholecystokinin.

Tak heran jika, sari kacang hijau yang mengenyangkan ini cocok dikonsumsi jika Anda menjalani program penurunan berat badan. Minum sari kacang hijau bisa menekan nafsu makan berlebih dan membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Mendukung kehamilan yang sehat

Sari kacang hijau termasuk minuman tinggi folat yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Tidak hanya folat, minuman ini juga kaya akan kandungan mineral, protein, serat, dan vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan. 

Jadi, daripada mengonsumsi minuman kemasan yang tinggi gula, Anda lebih baik minum sari kacang hijau.

BACA JUGA:Ampuh Atasi Diabetes dan Turunkan Gula Darah, dr Zaidul Akbar Cukup Pakai Apel dan Mentimun

5. Mengontrol kadar kolesterol

Salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol adalah dengan menghindari asupan tinggi kolesterol dan lemak jenuh, serta mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan tanpa gula tambahan.

Sari kacang hijau bisa menjadi pilihan minuman yang tepat untuk menjaga kadar kolesterol. Manfaat sari kacang hijau dalam mengontrol kolesterol berasal dari kandungan serat dan fitosterol di dalamnya yang dapat membantu tubuh mengatur produksi dan penyerapan kolesterol.

6. Mencegah heat stroke

Sari kacang hijau bisa menjadi minuman yang baik dikonsumsi saat beraktivitas di cuaca yang panas untuk mencegah heat stroke dan dehidrasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: